Stisipol Perkenalkan Ecobrick Solusi Kurangi Sampah Plastik di Laut

0
202
SUASANA sosialisasi pemanfaatan limbah plastik jadi benda berguna oleh Rumah Pergerakan Tanjungpinang bersama mahasiswa Stisipol Raja Haji. F-ISTIMEWA

TANJUNGPINANG – Mahasiswa-mahasiswi Prodi Sosiologi Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Stisipol) Raja Haji Tanjungpinang, menggelar Sosialisasi Ecobrick, Jumat (12/7) pekan lalu.

Sosialisasi ini menggandeng Rumah Pergerakan Tanjungpinang yang ditujukan kepada Forum Anak Kota Tanjungpinang yang berlangsung di Kantor Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Tanjungpinang.

Kegiatan ini merupakan salah satu agenda dari Rumah Pergerakan Tanjungpinang. Rumah Pergerakan Tanjungpinang saat ini, sedang konsen dalam gerakan mengurangi sampah plastik sampai ke tanah dan ke laut.

Alfi Husni S.Sos MPM Dosen Sosiologi Stisipol Raja Haji Tanjungpinang yang juga sebagai pembina Rumah Pergerakan Tanjungpinang mengatakan, bahwa Ecobrick merupakan salah satu solusi yang baik untuk mengurangi sampah plastik dan juga bisa dimanfaatkan dengan membuat sebuah kreasi dan kreativitas.

”Solusinya itu bisa dimulai dari diri sendiri, yaitu dengan memasukkan sampah plastik yang bersih dan kering ke dalam botol plastik. Botol plastik yang sudah padat, nantinya bisa dimanfaatkan untuk membuat kursi, meja dan inovasi lainnya,” ucap Alfi.

Alfi juga berharap, masyarakat di Tanjungpinang dan sekitarnya bisa memulai Ecobrick dari rumah.

”Bahwa kita adakalanya tidak bisa menghindari penggunaan plastik. Sehingga Ecobrick bisa menjadi solusi dalam pengolahan sampah plastik,” tuturnya.

Ketua Rumah Pergerakan Tanjungpinang Vidcy Trimadanu juga menambahkan, bahwa kegiatan ini akan selalu diadakan untuk mengedukasi masyarakat.

”Selanjutnya kita akan melibatkan instansi, organisasi masyarakat (Ormas) dan komunitas-komunitas yang seirama dengan kita. Seperti Bank Sampah Tanjungpinang, Kepri yang sudah lebih dahulu konsen dengan gerakan Ecobrick. Dengan berkolaborasi pasti akan sangat mudah, untuk bisa mencegah dan menghidari penggunaan sampah plastik,” tuturnya. (abh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here