Stok Beras 1.726 Ton, Aman Selama Ramadan

0
348
BURUH pelabuhan tengah bersiap membongkar beras Bulog yang tiba di Pelabuhan Parit Rempak, Meral, Karimun. F-ISTIMEWA

Dinas Perindag, UKM Koperasi dan ESDM Karimun mencatat ketersedian beras di Karimun sampai puasa Ramadan 1439 H sebanyak 1.726 ton.

KARIMUN – ”Stok beras aman sampai puasa didukung dengan stok beras Bulog sebanyak 617 ton yang baru sampai belum lama ini ke Karimun,” kata M Yosli, Kadis Perindag, UKM Koperasi dan ESDM, Rabu (9/5).

Pemeritah mengutamakan ketersediaan beras sebagai kebutuhan pokok, kebutuhan lain tetap akan terpenuhi sesuai dengan permintaan pasar.

Selama bulan suci Ramadan, permintaan gula, minyak goreng curah, tepung terigu, beras ketan, kacang tanah, kacang hijau, kedelai mengalami peningkatan dari hari biasanya.  Distributor diingatkan, untuk mampu menyuplai kebutuhan masyarakat.

Baca Juga :  BI Buka Kas Penukaran Uang Recehan

Selain itu, untuk memudahkan masyarakat mengadakan kebutuhan pokok dan lainnya selama Ramadan.

Beberapa barang kebutuhan tersebut, masih dipasok dari Pulau Sumatera dan Pulau Jawa. Salah satu langkah mengantisipasi kenaikan harga adalah, dengan cara menyediakan stok sampai akhir Ramadan.

”Pemerintah tidak dapat menekan harga di pasar dengan instruksi. Namun mengimbau pedagang untuk menyesuaikan keuntungan dengan modal belanja,” tambah Yosli.

Selain itu, pihaknya juga siapkan langkah melakukan operasi pasar jika sewaktu waktu harga barang naik dan stok barang sulit didapatkan atau langka. Dampak kenaikan kurs mata uang dolar, apakah akan berpengaruh kepada kenaikan harga barang Yosli mengungkapkan, dalam kurun waktu sepekan akan diketahui hal tersebut.

Baca Juga :  Musim Utara, Nelayan Pilih Pulang Petang

”Untuk barang yang didatangkan dari luar Negeri kemungkinan bisa naik, seperti spareparts dan lainnya. Untuk kebutuhan pokok, mungkin belum berdampak. semoga saja tidak berdampak,” kata Yosli penuh harap.(ALRION)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here