Surat Suara Rusak Diamankan Panwas

0
591
Inilah salah satu surat suara yang ditemukan robek bagian pinggir surat suara penyotiran dimulai Senin (4/6).F-Andri Dwi S/TANJUNGPINANG POS

Surat suara untuk Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Tanjungpinang pada 27 Juni 2018 mulai disortir KPU Kota Tanjungpinang, Senin (4/6).

TANJUNGPINANG – Di hari pertama petugas penyortiran menemukan surat suara yang rusak. Sembilan surat suara yang tidak layak digunakan terdiri dari, tiga lembar surat suara sobek, tiga surat suara terpotong, dua surat suara tidak terpotong, satu surat suara lagi dalam keadaan terlipat hingga robek. Sembilan surat suara yang tidak layak tersebut, telah dipisahkan hingga diamankan oleh Panwascam yang sedang memantau pelipatan surat suara tersebut.

”Ini salah satu temuan kita disaat mengawasi pelipatan surat suara. Nanti, temuan ini tetap kita laporkan ke Panwaslu Kota Tanjungpinang,” kata Komisioner Panwascam Tanjungpinang Timur, Endang Setrianti kepada Tanjungpinang Pos, Senin (4/6).

Baca Juga :  4 Permohonan PHPU Pileg Kepri Gugur

Endang bersama Panwascam lainnya telah memantau pelipatan surat suara sejak pukul 9.00 WIB sampai dengan pukul 15.00WIB. Agenda pengawasan pelipatan surat suara sesuai jadwal sampai dengan tiga hari, terhitung sejak Senin (4/6) sampai dengan Rabu (6/6) nanti.

Pihaknya tetap mengamankan hingga mencatat surat suara yang tidak layak selama tiga hari tersebut. ”Semua temuan ini, kita akan laporkan ke Panwaslu Kota Tanjungpinang. Biar beliau (panwaslu, red) yang menindak lanjuti temuan dari kita ini,” sebut Endang.

Sementara itu, Divisi Logistik KPU Kota Tanjungpinang, Muhammad Yusuf Mahidin mengatakan, kalau berdasarkan jadwal yang sudah ditentukan, pelipatan surat suara akan berlangsung selama tiga hari, terhitung sejak Senin (4/6) sampai dengan Rabu (6/6) nanti.

Baca Juga :  Ribuan Pemilih Batam Tak Dapat Rekom Bawaslu

Pihaknya akan mengumpulkan temuan surat suara yang tidak layak selama tiga hari dalam proses pelipatan hingga persortiran surat suara tersebut. Apabila sudah terkumpul menjadi satu, maka pihaknya akan menitipkan surat suara yang tidak layak di Kantor Polres Tanjungpinang.

Agar surat suara yang tidak layak aman dan tidak disalah gunakan. Kalau ada intruksi dari pihak polisi, maka pihaknya akan ikut langsung memusnahkan surat suara yang tidak layak itu.

”Kita buat berita acaranya dulu, baru dimusnahkan. Tapi, kita lihat saja nanti, seperti apa,” sebut Yusuf.

Baca Juga :  Debat Capres Edukasi Pemilih

Sambung dia, KPU menurunkan 26 orang untuk menyortir dan melipat surat suara. Saat pelipatan surat suara dijaga ketat pihak kepolisian, Panwaslu, KPU Tanjungpinang. Rencananya, surat suara akan didistribukan H-1 pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tanjungpinang. (ANDRI – ABAS)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here