Tahun Ini, BWS Bangun Irigasi

0
467
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman saat menyemai padi di percetakan sawah Desa Langkap saat meresmikan program percetakan sawah di Lingga, beberapa waktu lalu. BWS Wilayah IV akan melakukan pembangunan irigasi di percetakan sawah ini. f-tengku/TANJUNGPINANG POS

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan (Kemen-PUPR) melalui Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera IV, akan membangun jaringan irigasi di lahan percetakan sawah yang ada di Desa Bukit Langkap, Kecamatan Lingga Timur, Kabupaten Lingga.

LINGGA – Hal ini dikatakan PPK Irigasi dan BWS Sumatera IV, Eris Hendrabuana. Pekerjaan jaringan irigasi sawah Bukit Langkap tahun anggaran (TA) 2018 ini merupakan pekerjaan irigasi pertama yang dilaksanakan BWSS IV Kementerian PUPR.

”Sedangkan untuk tahun 2019, dilanjutkan dengan pekerjaan jaringan irigasi Bukit Langkap lanjutan dan pekerjaan irigasi Desa Kerandin,” ujar Eris usai melakukan sosialisasi di hadapan warga Desa Bukit Langkap, kemarin.

Dikatakannya, pihaknya juga meminta Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Lingga memprioritaskan penyelesaian cetak sawah di Daerah Irigasi Bukit Langkap tuntas 349 Ha pada tahun anggaran 2018.

”Bukit Langkap ini merupakan Kawasan Sentral Pertanian. Diprioritaskan selesai pada tahun 2019. Kami mengharapkan agar program Nawacita ini mendapat dukungan dari semua pihak,” kata dia.

Pagu anggaran untuk pekerjaan fisik jaringan irigasi yang akan dibangun di Desa Bukit Langkap pada tahun 2018 ini senilai Rp 7.674.767.000 melalui anggaran APBN 2018. Adapun jaringan irigasi yang akan dibangun nantinya yakni, normalisasi sungai dan pembangunan box culvert untuk mencegah terjadinya banjir.

Pekerjaan saluran primer, sekunder, dan tersier untuk mengairi areal sawah dan calon sawah dengan mempertimbangkan perubahan kondisi lingkungan daerah irigasi. Kemudian, pembangunan bangunan pengatur muka air beserta pintu guna melayani kebutuhan air untuk semua petak sawah dan calon petak sawah.

”Pembangunan ini dilakukan sebagai tindak lanjut kunjungan Kepala BWS Sumatera IV, Dr. Ismail Widadi, M.Sc., Phd, bersama Wakil Bupati Lingga M. Nizar. M.Sos, ke daerah irigasi Bukit Langkap pada Oktober 2017 lalu,” imbuhnya.(TENGKU IRWANSYAH)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here