Tak Semua Perusahaan Ikuti UMK

0
355
H Hussyaini

NATUNA – Akhirnya Upah Minimum Kabupaten (UMK) tahun 2019 ditetapkan oleh Gubernur Kepri sebesar Rp2,8 juta. Namun, UMK tersebut belum bisa diterapkan sepenuhnya, oleh beberapa perusahaan lantaran minimnya perusahaan besar.

Melihat perkembangan Natuna ke depan, UMK ini akan bisa diterealisasi jika sistem perjanjian kontrak kerja diterapkan kepada perusahaan yang mampu menerapkannya.

”Sekarang ini, masih minimnya perusahaan besar yang beroperasi di Natuna. Makanya penerapan kontrak kerja belum ada yang menerapkannya,” kata Kepala Disnakertrans Natuna, H. Hussyaini melalui selulernya. Minggu (25/11).

Baca Juga :  Ratusan Massa Padati Bandara RSA

Ia mengatakan, di Kabupaten Natuna banyak perusahaan yang sifatnya pelayanan publik dan belum bisa menerapkan sistem penggajian sesuai UMK.

”Perusahaan yang ada masih menerapkan sistem penggajian yang disepakati oleh pekerja. Karena apabila menerapkan sesuai UMK banyak perusahaan yang tidak mampu, dan lebih memilih menggaji sesuai kemampuan perusahaan,” paparnya.

Ia juga menuturkan, penetapan upah minimum sudah sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan (PP 78/2015).

Dengan perhitungan UMK 2018 dikalikan dengan inflasi senilai 2,88 dan ditambah, dengan pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) riil Indonesia sebesar 5,15% di tahun 2018.

Baca Juga :  Pembangunan Tertunda Akibat Tunda Salur

”Kita sudah menjalankan sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku dalam penetapan UMK itu, dan sudah melalui pembahasan bersama dewan pengupahan yang terdiri dari Gapensi, Kadin, Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), pengusaha hotel dan unsur akademisi dari STAI Natuna,” jelasnya.

Ia juga berharap, penetapan ini bisa berlaku kepada para pekerja yang bekerja di perusahaan di bawah naungan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Karena dengan ada ketetapan UMK itu mereka bisa merasakan penggajian yang sesuai diatur dalam peraturan erundang-undangan yang berlaku. (hrd)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here