Tanjungpinang Krisis Cakada

0
994
NOMOR URUT: Bakal calon Wako dan Wawako pada Pillkada Kota Tanjungpinang 2012 saat menunjukkan nomor urut masing-masing.F-DOK/TANJUNGPINANGPOS

Tanjungpinang – Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tanjungpinang bakal digelar tahun depan. Tahapannya, akan dimulai September 2017 ini. Dan pencoblosanya diperkirakan bakal digelar Juli 2018 mendatang, meskipun Peraturan KPU (PKPU) Kota Tanjungpinang belum ada.

Mantan Ketua DPRD Kota Tanjungpinang, periode 2004-2009 lalu, Bobby Jayanto, melihat pesta demokrasi lima tahun ini masih senyap-senyap saja.

Poster, spanduk, dan baliho yang menyertakan gambar pasangan calon tidak tampak terpasang di jalanan utama hingga di pelosok permukiman.

Ia juga melihat sebagian besar warga justru tak terlihat antusias menyambut perhelatan demokrasi lima tahunan mendatang.

”Heran juga padahal pemilihan wali kota dan wakil wali kota tinggal satu tahun lagi,” tegasnya.

Bobby juga sebagai Ketua Partai NasDem Kota Tanjungpinang, melihat belum bergemuruhnya Pilkada Tanjungpinang, karena sejumlah partai politik gagal dalam proses kaderisasi. Tidak terlihat kaderisasi yang dilakukan oleh parpol.

Baca Juga :  Warga TPA Tersenyum, Segera Nikmati Listrik

Kegagalan itu tercermin minimnya calon yang yang sangat potensi maju di pilkada Kota Tanjungpinang 2018 mendatang.

”Belum ada tokoh politik atau tokoh masyarakat yang menyatakan dirinya maju di pilkada, termasuk incumbent, H Lis Darmansyah dan H Syahrul,” kata Bobby.

Pengusaha ini melihat Kota Tanjungpinang krisis kepemimpinan bukan hanya terjadi saat pilkada 2018 mendatang. Tapi krisis kepemimpinan sudah terjadi sudah bertahun-tahun.

”Melihat seorang pemimpin hanya dengan melihat popularitas pada zaman demokrasi adalah blunder. Pemimpin tidak hanya berjalan dengan elektabilitas, tapi juga harus produktif dan punya kapabilitas, ini yang sangat minim ditemukan di Kota Tanjungpinang,” ungkap.

Bila terjadi krisis kepempinan, peluang calon petahana akan terbuka lebar untuk kembali terpilih.

”Regenerasi di parpol kita ini belum berjalan maksimal,” tegasnya.

Saat disinggung, apakah Wali Kota Tanjungpinang, H Lis Darmansyah dan Wakil Wali Kota H Syahrul, mereka akan maju sendiri-sendiri di pilkada nanti?

Baca Juga :  BNN Usulkan Perda Narkotika

Ketua Kadin Kota Tanjungpinang, menjawab bisa saja terjadi. Karena politik itu dinamis, apa saja bisa terjadi.

”Saya lihat peluang berpisah besar daripada peluang untuk maju bersama-sama (duet lagi),” tegasnya.

Ia juga membeberkan, bila terjadi head to head antara H Lis Darmansyah dan H Syahrul, maka pertarungan pilkada nanti semakin seru. Tapi, melihat sejarah pilkada sebelumnya, pilkada 2018 mendatang, paling sedikit ada tiga calon.

”Kita inginkan sih harus banyak calon maju, supaya masyarakat banyak pilihanya,” tegasnya.

Berdasarkan hasil pleno penghitungan suara di KPU Tanjungpinang pada pilkada pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tanjungpinang tahun 2012 lalu, pasangan nomor urut 2 Lis Darmansyah-Syahrul menang dengan perolehan suara sebanyak 39.129 suara atau 46,01 persen.

Pasangan nomor urut 1 Maya Suryanti-Tengku Dahlan berada di urutan kedua dengan perolehan 26.616 suara atau 31,30 persen.

Baca Juga :  Eksepsi Batal Diajukan, JPU Panggil Para Saksi

Kemudian pasangan nomor urut 4 Husnizar Hood-Rudy Chua memperoleh 13.838 suara atau 16,27 persen dan pasangan nomor urut 3 Hendry Frankim-Yusrizal memperoleh 5.459 suara atau sebesar 6,42 persen.

Pasangan Lis-Syahrul menang di tiga kecamatan dari empat kecamatan yang ada di Tanjungpinang.

Di Kecamatan Tanjungpinang Timur, Lis-Syahrul memperoleh 14.411 suara, Maya-Dahlan 9.316 suara, Husnizar-Rudy 3.607 suara, dan Frankim-Yusrizal 1.588 suara. Kemudian di Tanjungpinang Barat, Lis-Syahrul memperoleh 10.227 suara, Maya-Dahlan 7.041 suara, Husnizar-Rudy 3.873 suara, dan Frankim-Yusrizal 1.568 suara.

Selanjutnya di di Kecamatan Bukit Bestari, pasangan Lis-Syahrul memperoleh 11.171 suara, Maya-Dahlan 6.602 suara, Husnizar-Rudy 4.523 suara, dan Frankim-Yusrizal 1.622 suara.(ABAS)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here