Tanpa Perda, Laut Tak Akan Bersih

0
530
BERSIHKAN SAMPAH: Pasukan oranye saat bekerja membersihkan sampah di laut. F-INDRA GUNAWAN/TANJUNGPINANG POS

ANAMBAS – CAMAT Jemaja Abdullah Sani meminta semua pihak dan warga di daerahnya, untuk tidak membuang sampah di laut. Menurutnya, jika tidak ada tindakan keras yang diatur dengan Peraturan Daerah (Perda), maka sulit untuk menertibkan pembuang sampah di laut.

Selain itu, ia mengajak masyarakat Jemaja untuk terus meningkatkan kebersihan lingkungan. Ajakan itu agar terhindar dari serangan bermacam penyakit dan tidak membuang sampah di laut.

”Saya harapkan seluruh masyarakat meningkatkan kebersihan lingkungan, diketahui daerah kita dikelilingi laut yang harus dijaga dengan baik. Kesehatan juga akan baik terhindar dari serangan penyakit,” kata Abdullah Sani, Camat Jemaja, kemarin.

Menurutnya, dengan lingkungan bersih, selain dapat mencegah munculnya berbagai penyakit juga berdampak pada keindahan serta kenyamanan lingkungan sekitar. Ia tidak bisa menafikan, bahwa sampah di laut masih banyak ditemukan meskipun pekerja kebersihan selalu membersihkan.

Pola kebiasaan yang tidak baik, menjadikan laut sebagai tempat paling mudah bagi warga membuang sampah harus diminimalisir.

Sebab, jika hal itu tidak dilakukan dikhawatirkan akan berdampak tidak baik bagi kelangsungan hidup bagi manusia maupun biota laut itu sendiri.

Perlu diketahui, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Anambas telah menetapkan wilayah Kecamatan Jemaja dan sekitarnya sebagai ujung tombak bagi kemajuan pariwisata Anambas ke depannya. Ia yakin, tanpa Perda akan sulit mewujudkan laut Anambas terbebas dari sampah.

”Menjaga dan meningkatkan kebersihan lingkungan merupakan tanggung jawab kita bersama, tidak bisa hanya dibebankan kepada pemerintah saja, namun itu harus ada kerja sama yang kuat dan semangat masyarakat, kalau bukan kita siapa lagi yang akan menjaga kelestarian laut kita, laut bukan tong sampah,”ujarnya.

Ia menambahkan, ia juga telah perintahkan kepada seluruh jajarannya seperti pihak Kelurahan Letung dan 8 kepala desa maupun perangkat desa bahkan pihak-pihak lain untuk menjaga kebersihan lingkungan darat maupun laut.

Jika hal itu tidak dilaksanakan dengan baik, maka program kebersihan lingkungan yang bersih tidak terwujud.

”Kemarin sudah saya sampaikan kepada Lurah, kepala desa, RT dan RW untuk mengajak masyarakat bergotong royong membersihkan sampah dan melarang masyarakat membuang sampah di laut lagi,” ucapnya.

Diketahui, beberapa waktu DPRD Anambas telah melakukan diskusi secara langsung kepada masyarakat untuk merancang Ranperda tentang pengelolaan persampahan.

”Mudah-Mudahan Ranperda yang dimaksud itu menjadi acuan bagi masyarakat sebagai pedoman dan segera ditetapkan menjadi Perda. Kita tetap menunggu peraturan tersebut disahkan,” tutupnya.

Sehingga, Perda tersebut akan mengatur persampahan secara maksimal.(INDRA GUNAWAN)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here