Target Wajib Pajak Sistem Online 161

0
369
Pemerintah Kota Batam akan menambah objek pajak dengan sistem online di tahun ini guna meningkatkan penerimaan kas daerah. f-jpnn

BATAM – Pemerintah Kota (Pemko) Batam melakukan upaya peningkatan pendapatan dari sektor pajak dengan menambah jumlah wajib pajak baru sebanyak 70 wajib pajak (WP) dengan menggunakan sistem online. Ditargetkan sampai akhir tahun wajib pajak yang sudah online menjadi 161.

Rencana penambahan WP diungkapkan Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad, Senin (13/8) di kantor DPRD Batam. ”Akhir tahun akan bertambah 70 WP dengan sistem online. Kita tambah setelah bicara dengan KPK saat mereka datang bersama dari pemerintah Bengkulu dan Bank Daerah Bengkulu untuk mempelajari tata kelola keuangan e-bugeting dan lain,” jelas Amsakar.

Baca Juga :  Wako Minta Pejabat Koreksi Anggaran

Tahun lalu sudah ada 61 WP yang menggunakan sistem pajak online. Setiap transaksi konsumen dengan pengelola hotel atau restoran berlangsung maka pajaknya secara otomatis masuk ke rekening daerah, melalui Bank Riau-Kepri. Jumlah itu ditambah 30 WP di awal tahun yang sudah terkoneksi. ”Masih ada 70 sampai akhir tahun. Bank Riau Kepri sudah komit untuk membantu sampai akhir tahun. Ini dalam proses dan akan diselesaikan tahun ini dengan vendor,” kata Amsakar.

Dengan sistem ini, diharapkan dapat meningkatkan pendapatan daerah. Sementara untuk tahun depan, Pemko Batam menargetkan tambahan WP online sekitar 400. ”Untuk mendukung itu, ke depan kita harapkan ada tiga atau empat vendor berpartisipasi memperlancar transaksi pajak,” harap Amsakar.

Baca Juga :  Pemko Ngotot Ajukan KEK

Bank Riau Kepri sebagai mitra Pemko Batam dalam penerapan pajak online berkomitmen membantu. Bahkan rencana itu diakui bisa dilakukan lebih cepat, di awal tahun. ”Secara tidak langsung ini akan meningkatkan nasabah dan transaksi mereka,” jelas Amsakar.

Ketua DPRD Batam Nuryanto terus Pemko menambah WP online. Diharapkan setidaknya tahun ini diminta agar pajak online sudah dilakukan terhadap 200 objek pajak. Sehingga bisa mengurangi defisit anggaran sekitar Rp268 miliar.(MARTUA)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here