Tarif SWRO Terlalu Mahal

0
282
SWRO Batu hitam yang belum juga beroperasi. f-dokumen/tanjungpinang pos

MBS Kpd yth Bpk Gubernur Kepri jangan terburu buru untuk meresmikan SWRO harga perkubik sangat mahal untuk masyarakat ekonomi lemah. Dan bpk perlu berhati hati dlm hal ini mungkin sebagian orang ada yg mencari keuntungan melalui SWRO Sabaas pak.
+6285977506700

Dilema SWRO
MBS kami menyambut baik niat pak gubernur utk menurunkan tarif SWRO tapi bukankah hrs memulai lg langkah awal utk berdiskusi dg DPRD dan akan memakan waktu yg lama itupun kalau ada kesepakatan jikalau tdk gimana ? Kami mohon bisa menghargai para pejabat yg telah berjerih payah menghabiskan waktu dan pikiran dan selama ini banyak yg mengeluh belum dpt pemasangan baru di dlm kota dg alasan bermacam macam dan tdk transparan seperti ada pejabat yg daftar tak lama langsung di pasang.
+6285668230693

Percepat Fungsikan SWRO
MBS Kpd bpk gubenur, mohon SWRO diteruskan secepatnya, krn harga Rp19500 tdk keberatan bagi warga dari pd beli air tangki itupun hrs dipesan dulu.
+6285668230693

TANGGAPAN:
Pemko dan Satker PU terus berusaha agar proyek penyulingan air laut menjadi air minum atau Sea Water Reverse Osmosis (SWRO) di Batu Hitam, Maret ini dioperasikan.

Sebelum dioperasikan, kami lagi menghitung-hitung, bersama dengan Stakelholder seperti PLN, apakah PLN nanti kita diberi utang dulu untuk biaya listriknya.

Proyek ini mulai dibangun pada 2011 sudah selesai dikerjakan pada 2014 silam. Namun, proyek Kementerian PU yang menelan biaya sekitar Rp97 miliar itu tersebut belum bisa dioperasikan sampai saat ini. Proyek ini sudah diserahkan ke Pemko Tanjungpinang pada 2017 dan direncanakan dioperasikan secepatnya. Nyatanya, pada 2018 Pemko tidak menganggarkan biaya operasionalnya.

Soal anggaran kita sedang bahas dengan Satker PU. Apakah kalau kita pakai uang Satker PU dulu, menyalahi aturan atau tidak, ini yang akan dibahas lagi

Biaya untuk obat penyuling air jadi tawar dan biaya listrik per bulannya dibutuhkan Rp170 juta. Belum termasuk biaya Sumber Daya Manusianya (SDM). Jumlah pekerjaanya ada 10 orang, belum termasuk 15 orang Kasubagnya. Satu kali lagi kami rapat dengan stakeholer, termasuk mengkaji kembali biaya per kubiknya.

Biaya per kubiknya yang harus dibayar oleh pelanggan SWRO nanti, akan dibahas kembali. Termasuk berapa jumlah pelanggan SWRO. Apakah nanti tetap disubsisi atau tidak, tergantung keputusan bersama. (bas)

Riono
Sekda Kota Tanjungpinang,

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here