Tenaga Kerja Asing Perlu Diawasi

0
255
TENAGA kerja asing di PT GRM di Meral, Karimun saat disidak dan pemerintah meningkatkan pengawasan keberadaan TKA. F-ISTIMEWA

Keberadaan Tenaga Kerja Asing (TKA) di Karimun dipandang mempersempit lapangan kerja bagi tenaga kerja lokal Karimun, karena bidang kerja yang dikerjakan mampu dilakukan tenaga kerja lokal.

”Kita kecewa melihat tenaga kerja asing yang bekerja di PT GRM. Sementara bidang kerja dapat dilaksanakan orang lokal, kecuali bidang kerja tidak dapat dilakukan oleh orang lokal. Ini harus menjadi catatan bagi Pemerintah Daerah,” kata Zai Zulfikar, Anggota DPRD Karimun, Jumat (18/5).

Ia melanjutkannya, adanya tenaga asing semakin tingginya jumlah pengangguran di Karimun. Maka dari itu, lanjut Zai, Bupati melalui OPD terkait hendaknya lebih fokus kepada program dan kegiatan strategis yang dapat mendorong upaya peningkatan kualitas tenaga kerja dan kesempatan kerja.

Peningkatan kualitas itu seperti adanya program sertifikasi, dan program pengembangan UKM. Dinas Tenaga Kerja untuk dapat menambah jumlah peserta pelatihan secara rasional, jika dibandingkan dengan jumlah pengangguran yang ada.

Terkait banyaknya TKA yang tidak memiliki skill diperusahaan-perusahaan di Karimun, agar menjadi perhatian untuk dilakukan pengawasan dan peninjauan kembali keberadaannya.

Terkait permasalahan tenaga kerja, disarankan menyusun strategi penciptaan dan pengembangan kesempatan kerja yang produktif dan berkelanjutan dengan mendayagunakan potensi sumber daya alam, sumber daya manusia dan kelembagaan masyarakat serta teknologi tepat guna.

Zai menambahkan, perlunya merumuskan kebijakan perluasan kesempatan kerja di luar hubungan kerja dalam bentuk pengembangan program kewirausahaan.

Sejak beberapa tahun lalu, kesempatan kerja di Karimun mengalami penurunan dampak dari minimnya proyek yang masuk perusahaan.

Kepala Dinas Tenaga Kerja, Hazmi Yuliansyah mengatakan mereka telah melakukan beberapa kali pelatihan kerja. Yang mana pesertanya berasal dari setiap Kecamatan. Diminta calon peserta untuk lebih sering mencari informasi pelatihan di Kantor Disnaker Karimun. (yon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here