Terkena Karang, Kapal Nelayan Bocor

0
289
NELAYAN saat berusaha mengambil perlengkapan tangkap ikan dari kapal setelah lambung kiri terkena karang dan bocor saat melaut, Selasa (5/3) di peraian Karimun. f-alrion/tanjungpinang pos

KARIMUN – Apat, nelayan asal Meral hanya bisa pasrah, dan terus berusaha mengemudikan kapal ke arah tepi di pulau terdekat setelah kapalnya bocor pada lambung sebelah kiri terkena karang di perairan Karimun.

”Gelombang luar biasa pada hari itu. Kami tak bisa bilang apa-apa kecuali pasrah saat mengetahui lambung kapal bocor karena kena karang, berhubung air belum masuk ke dalam kapal,” kata Apat pada Tanjungpinang Pos, Rabu (6/3) sore.

Kapal itu, memang sudah lama dan selama ini tidak pernah mengalami kerusakan.

Bhakan, sehari sebelum melaut surat surat kapal baru saja diurus.

Beberapa bagian penting diambil dari dalam kapal, seperti jaring, dan mesin kapal.

Ia berangkat dari Meral menuju belakang Balai, untuk menangkap ikan pada pagi Selasa (5/3) pagi. Pada sore hari, terjadi gelombang dan kapal mengenai karang sehingga bocor.

Namun yang terpenting, semua kru kapal dalam keadaan selamat.

”Kawan-kawan nelayan langsung datang dan menolong kami, dan mengatakan kapal tidak bisa diselamatkan meskipun tidak karam. Tetapi biaya perbaikan kapal, sama halnya dengan biaya membuat kapal 1 unit yang baru,” jelas Apat lagi.

Kasat Polair Polres Karimun, Iptu Sahata Sitorus mengimbau, nelayan selalu waspada cuaca saat melaut dan jangan terpisah dengan teman nelayan lainnnya.

Sehingga, saat terjadi cuaca buruk dapat saling membantu satu sama lain.

Ia berharap, nelayan langsung melaporkan setiap kejadian.

”Kami ingin sesama nelayan tidak berjauhan, dan ini untuk mengantisipasi jika terjadi hal-hal yang bersifat darurat. Sehingga, upaya pertolongan dan penyelamatan cepat dilakukan jika terjadi kecelakaan di laut,” sebut Sahata. (yon)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here