Tiang Jalan SP II Sudah Keropos

0
541
WARGA saat melintas di Jalan Semen Panjang, Anambas. f-indra/tanjungpinang pos

Warga Anambas Tagih Janji Pembangunan Dari Gubernur Tahun Depan

Permukaan Jalan Semen Panjang (SP) II yang menghubungkan Desa Tarempa Timur dan Kelurahan Tarempa Kecamatan Siantan Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) terlihat masih layak dilalui. Tapi kenyataannya, tiang-tiang jalan lingkar itu sudah keropos dan rawan ambruk kapan saja.

ANAMBAS – SABAN hari, warga selalu was-was saat melintas di jalan tersebut. Warga khawatir tiba-tiba roboh karena tiang penyangga jalan tersebut sudah mulai keropos.

Sudah direncanakan untuk pembangunan jalan itu agar lebih lebar dan kokoh. Anggarannya pun sharing dari Pemkab Anambas dan Pemprov Kepri.

Rencananya, pembangunan jalan itu dilakukan tiga tahun atau multiyears dan sharing dananya fifty-fifty (50:50) antara Pemkab Anambas dan Pemprov Kepri.

Anggaran pembangunan jalan itu sekitar Rp77 miliar hingga Rp78 miliar selama tiga tahun. Tahun 2019 nanti, sudah disepakati anggarannya sekitar Rp25,8 miliar. Dari Pemkab Anambas Rp12,9 miliar dan dari Pemprov Kepri Rp12,9 miliar.

Janji ini disampaikan Gubernur Kepri H Nurdin Basirun saat berkunjung ke daerah itu beberapa waktu lalu. Kala itu, Nurdin mengumbar janjinya di hadapan masyarakat dan sejumlah pejabat Anambas.

Kini, warga Anambas merasa sesak di dada lantaran informasi yang mereka terima bahwa Nurdin tidak bisa memenuhi janjinya untuk mengalokasikan Rp12,9 miliar tahun depan untuk pembangunan jalan itu.

Indra Syahputra, tokoh masyarakat Anambas mengatakan, berdasarkan informasi yang mereka peroleh, Pemprov Kepri hanya mengalokasikan sekitar Rp5 miliar saja untuk pembangunan jalan itu.

Baca Juga :  Jalankan Pilkada Tanpa Isu Sara

Padahal, janjinya adalah sharing anggaran fifty-fifty. Warga sangat menyayangkan perlakukan gubernur kepada mereka. Harusnya, jika tak bisa dipenuhi, janji itu jangan disampaikan di depan masyarakat.

Warga Anambas juga mempertanyakan keadilan dari provinsi. Lima tahun terakhir ini belum pernah ada proyek strategis Pemprov di Anambas. Beda dengan di Karimun dan Tanjungpinang menjadi perhatian utama Nurdin.

Jika Nurdin mengalokasikan Rp12,9 miliar untuk pembangunan jalan tersebut tahun depan, warga menyatakan, itulah proyek pemprov terbesar di Anambas lima tahun terakhir ini.

Indra Syahputra pun mendesak agar Pemerintah Provinsi Kepri menepati janji yang telah diucapkan itu. Apalagi kondisi jalan SP I saat ini sangat memprihatinkan dan belum lagi sebagai penghubung bagi masyarakat sekitar.

”Kami meminta janji Gubernur untuk ditunaikan, apalagi bisa dilihat kondisi jalan SP I yang memprihatinkan. Memang dari atas jalan SP itu masih bagus, namun apabila dilihat ke bawah maka akan terlihat keroposnya,” jelasnya, kemarin.

Indra menegaskan kepada Pemkab Anambas untuk terus melobi agar pembangunan SP II dapat terealisasi. Bila perlu libatkan stakeholder lain maupun masyarakat.

”Kita siap mendorong apabila ini demi pembangunan Kabupaten Kepulauan Anambas. Kita tunggu janji provinsi ini terealisasi atau tidak,” ujarnya.

Kata dia, akses jalan itu adalah penghubung bagi masyarakat dari Desa Tarempa Timur antar Kelurahan Tarempa Kecamatan Siantan Kabupaten Kepulauan Anambas.

Baca Juga :  Keranjingan Beri Makan Kambing-Ayam

Wakil Ketua II DPRD Anambas, Amat Yani mengatakan, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan anggota DPRD Kepri Dapil Natuna-Anambas. Bahkan akan langsung menelepon Taufik, anggota DPRD Kepri Dapil Natuna-Anambas untuk mengkoordinasikan ini.

”Kita sangat mendukung pembangunan SP 2 sebagai proyek starategis provinsi. Bahkan saya akan menelepon kawan-kawan provinsi agar ini dapat terealisasi,” ucap Amat.

Ia menambahkan, pembangunan SP II sangatlah penting karena merupakan objek vital bagi masyarakat di Anambas. Belum lagi umur Jalan SP sendiri sudah cukup lama bahkan bagian depan itu dibangun masih saat bergabung dengan Kabupaten Natuna.

”Kita harapkan Jalan SP II merupakan proyek strategis provinsi sebagai wujud pemerataan pembangunan di Provinsi Kepri,” tutupnya.

Pemerintah Provinsi Kepri diminta jangan setengah hati dalam pembangunan Jalan Semen Panjang (SP) II. Pasalnya jalan SP merupakan satu-satunya proyek strategis Provinsi Kepri di Anambas sejak lima tahun terakhir.

Bupati Anambas Abdul Haris, SH mengatakan, Pemerintah Daerah Kabupaten dan Pemrov telah sepakat untuk membangun jalan SP II secara multiyears dan komitmen itu disampaikan ketika ada kunjungan Gubernur Kepri dua tahun lalu ke sana.

”Anggaran pembangunan SP II diprediksi mencapai Rp77,4 miliar yang akan dilaksanakan selama tiga tahun, dengan anggaran 50 persen Pemkab dan 50 persen Pemprov,” Kata Abdul Haris ketika ditemui, Selasa (27/11).

Kata dia, setiap tahunnya disediakan anggaran sebesar Rp25,8 miliar yang terbagi Rp12,9 miliar dari Pemkab Anambas dan Rp12,9 miliar dari Provinsi Kepri.

Baca Juga :  Suku Laut Minta Akta Kelahiran

”Kita sudah menganggarkannya untuk tahun 2019. Tapi apabila dana dari provinsi tidak masuk, maka akan menjadi beban pemerintah daerah. Ini yang akan menjadi kekhawatiran kami,” ucap dia.

”Jalan SP II ini benar-benar sangat diharapkan masyarakat sebagi jalan akses penghubung. Kita sudah anggarkan. Mudah-mudahan Provinsi Kepri menganggarkan sesuai dengan kebutuhan yang Anambas harapkan,” jelas Haris.

Haris juga menyesalkan isu yang berkembang saat ini bawah anggaran yang akan dikucurkan Pemprov Kepri hanya Rp5 miliar untuk pembangunan jalan tersebut.

Hal ini membuat masyarakat Anambas makin resah karena tidak ada kepastian proyek strategis provinsi di Anambas akan dibangun sesuai perencanaan. Akibatnya akan berimbas pekerjaan proyek itu tak bisa selesai dikerjakan di masa mendatang.

”Kalau ini terealisasi menjadi satu-satunya proyek starategis Provinsi di Anambas selama lima tahun terakhir,” ucap dia.

Janji pembangunan SP II ini, tambah Haris, sebenarnya telah disampaikan Gubernur Kepri Nurdin Basirun di setiap kesempatan saat berkunjung di Anambas.

”Tahun 2017 Pak Gubernur berjanji bukan hanya dengan pemerintah daerah tapi juga dengan seluruh masyarakat Anambas,” tukasnya.(INDRA GUNAWAN)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here