Tiga Peninggalan Kuno Jadi Cagar Budaya

0
1188
PENINGGALAN KUNO: Kadispar Luki Zaiman Prawira bersama Kadisbudpora Makhfur Zurachman meninjau dapur arang sebagai peninggalan kuno di Sebong Lagoi. F-jendaras/tanjungpinang pos

BINTAN – TIM arkeolog sudah meneliti tiga peninggalan kuno bersejarah di Kabupaten Bintan. Tiga peninggalan bersejarah itu rumah kuno berumur 100 tahun di Berakit, dapur arang Sungai Kecil dan Bukit Kerang di Kawal.

Tiga peninggalan kuno itu bakal dijadikan cagar budaya Bintan, dan menjadi objek wisata baru di Kabupaten Bintan. Rumah kuno yang dibangun tanpa menggunakan paku dan dihuni secara turun-temurun, bukit kerang zaman purba dan dapur arang tersebut memiliki nilai dan lokasi yang unik.

Kepala Dinas Pariwisata Bintan Luki Zaiman Prawira yang turut menjadi tim peneliti verifikasi cagar budaya Bintan ini mengatakan, 3 benda bersejarah yang diteliti tersebut, sudah sangat layak menjadi objek wisata.

Baca Juga :  Pawai Taaruf Bintan Jadi Terbaik, Omzet Pedagang Naik

”Sudah kami cek, dan kami yakin ini akan menjadi cagar budaya Bintan. Walaupun untuk menentukan secara resmi kami masih menunggu hasil penelitian tim arkeolog, dan Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Bintan,” kata Luki, Kamis (20/4).

Dikatakannya, bila nanti sudah resmi ditetapkan menjadi cagar budaya, maka benda bersejarah tersebut akan resmi menjadi milik Bintan. Pemeliharaannya akan dijaga dan dikelola Pemkab Bintan.

”Jika sudah resmi (cagar budaya), maka akan kami promosikan dalam promosi wisata Bintan. Kami akan jadikan destinasi wisata baru seperti gurun pasir atau danau biru Desa Busung. Biar Bintan memiliki ragam destinasi wisata,” jelasnya.

Baca Juga :  Awal Ramadan, Pasokan Gas Bersubsidi Ditambah

Ditambahkannya, dengan wisata yang mengangkat nilai sejarah di Bintan, maka akan semakin membuat wisatawan tertarik datang dan belajar di Bintan, khususnya arkeolog.(YENDI-AAN)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here