Tim SAR Siagakan Tiga Kapal

0
897
KAPAL armada pengamanan Natal dan Tahun Baru dari Tim SAR Tanjungpinang mengawasi perairan di sekitar pelantar dan pelabuhan SBP, kemarin.f-raymon/tanjungpinang pos
Tim Search And Rescue (SAR) Kantor Pencarian dan Pertolongan Tanjungpinang menyiagakan tiga armada kapal, dan 98 orang personel untuk pengamanan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019. 98 orang personel itu disiagakan di Kota Tanjungpinang, Batam, Kabupaten Tanjungbalai Karimun, Bintan dan Lingga.

TANJUNGPINANG – Kepala Seksi Operasi Siaga Kantor Pencarian dan Pertolongan Kantor Basarnas Tanjungpinang Eko Suprianto mengatakan, pelaksaan operasi siaga khusus Natal dan Tahun Baru, dimulai sejak Kamis (20/12) kemarin sampai dengan Rabu (2/1) tahun 2019 pekan mendatang. 98 personel yang disiapkan itu untuk wilayah kerja di Pos Siaga SAR Batam, Pos Siaga SAR Tanjungbalai Karimun dan Pos Siaga Lingga.

Baca Juga :  Pulau Karas Dapat Sembako dari Tanjungpinang

”Untuk peralatan SAR ada tiga kapal, yakni KN Purworejo di Batam, KN Bhisma di Bintan dan RB 209 di Tanjungpinang, RIB, alat darat seperti rescue truk dan truk personel x-trail, perahu karet dan peralatan sar lainnya,” jelas Eko, Kamis (20/12).

Eko menyebutkan, personel tim SAR ditugaskan di setiap posko terpadu Natal dan Tahun Baru, baik di pelabuhan dan bandara. Tim SAR juga siap bekerja sama dengan instansi terkait, dalam memberikan pertolongan kepada masyarakat.

”Tentunya kita saling kerja sama dengan pihak terkait seperti TNI-Polri, Syahbandar, Navigasi dan BMKG, serta instansi lainya,” sebutnya.

Baca Juga :  Polisi Gagalkan Percobaan Bunuh Diri

Eko menuturkan, saat perayaan Natal dan Tahun Baru, yang paling diwaspadai dan diantisipasi faktor cuaca. Khususnya pengguna transportasi laut. Sebab, wilayah Kepri sudah memasuki musim angin utara. Saat musim angin utara, dapat menyebabkan gelombang tinggi dan hujan deras.

”Angin utara perlu diwaspasai dan diperhatikan oleh semua pengguna jasa laut,” jelasnya.

Eko mengimbau, kepada masyarakat atau jasa transportasi laut agar memperhatikan keselamatan pelayaran. Kapal yang berlayar tidak melebihi kapasitas muatannya. Kemudian, kepada nakhoda sebelum berangkat harus memastikan kelayakan kapalnya, dan selalu update cuaca dari BKMG.

Baca Juga :  Harga Bawang di Pelantar Stabil

Apabila memerlukan Tim SAR bisa menghubungi Kantor Basarnas di nomor (0771) 319300 atau melalui emergency call 115.

”Para penggunan jasa jangan melebihi kapasitas. Warga yang mau berpergian, jangan paksakan diri berangkat, ketika kondisi cuaca tidak memungkinkan,” sarannya. (RAYMON SANDY)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here