Timsel Buka Pendaftaran Calon Anggota KPU

0
719
Lima timsel pemilihan anggota KPU untuk tujuh wilayah di Kepri mengikuti diklat di KPU RI baru-baru ini. F-istimewa

Untuk Tujuh Kabupaten/Kota di Kepri

Tim Seleksi penerimaan anggota KPU di 7 kabupaten/kota di Kepri, membuka pendaftaran Calon Anggota KPU Tanjungpinang, Batam, Bintan, Karimun, Lingga, Anambas dan Natuna, untuk masa jabatan 2018-2023.

TANJUNGPINANG – Pengumuman pendaftaran baru akan diumumkan 27 Februari sampai 1 Maret melalui media massa. Pendaftaran sendiri bisa di Sekretariat KPU Provinsi Kepri, mulai 2 Maret sampai 12 Maret mendatang.

Hal ini diungkapkan Ketua Tim Seleksi Pendaftaran calon anggota KPU di 7 kabupaten/kota di Kepri, Razaki Persada, kemarin. ”Bagi yang ingin menjadi komisioner KPU, mulai dari sekarang sudah boleh mempersiapkan administarasi,” ujar Razaki Persada, kemarin.

Mantan Ketua Bawaslu Kepri ini, menjelaskan tantangan tim seleksi calon KPU kabupaten/kota di Kepri sangat berat. Sebelumnya, satu kabupaten dan kota hanya satu tim seleksi, tapi sekarang satu tim seleksi untuk tujuh kabupaten/kota. Kemudian, jumlah komisioner KPU untuk nanti mengalami perubahan. Aturan yang baru, jumlah penduduk kurang dari satu juta jiwa, jumlah komisionernya hanya tiga orang saja. Kalau lebih dari satu juta jiwa, jumlah komisionernya lima orang.

”Kalau di Kepri jadi Batam saja yang dipilih 5 komisioiner, kalau kabupaten/kota lainnya di Kepri hanya tiga orang komisioner saja,” tegasnya. Sambung dia komisioner KPU yang ada sekarang, jumlah komisionernya 5 orang.

Ada juga aturan baru, bagi anggota KPU yang sudah dua periode jadi anggota KPU, tidak boleh lagi mendaftar lagi saat pembukaan nanti. Begitu juga, pernah dua kali menjabat sebagai anggota KPU namun pernah jedah satu periode, juga tidak boleh mendaftar. ”Bukan saya yang melarang mendaftar tapi aturan perundang-udangan,” tegasnya.

Kemudian, nanti tim seleksi akan menyerahkan hasil seleksi ke KPU RI, karena yang menentukan komisioner KPU, bukan KPU Provinsi tapi KPU RI. ”Jadi yang menentukan nanti berdasarkan nilai adalah KPU RI,” tegasnya.

Sambung dia, sedangkan materi tesnya juga berbeda dengan sebelumnya. Seleksi tahun ini, khusus tesnya mengunakan komputerisasi, sama dengan sistem sama penerimaan CPNS. Setelah tes, hasilnya langsung diketahui. ”Soal KPU Tanjungpinang, belum dicarikan solusinya, karena masa berakhirnya 26 Juni, sedangkan pencoblosan 27 Juni. Nanti,KPU RI yang akan memberikan solusi,” tegasnya.(ABAS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here