TNI-AD Segera Perbanyak Kodim

0
953

TANJUNGPINANG – Komando Resort Militer (Korem) 033 Wira Pratama (WP) akan segera membentuk Komando Distrik Militer (Kodim) di Kabupaten Anambas dan Lingga.

Pembentukan Kodim ini untuk memperkuat pengamanan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) di pulau-pulau terluar yang berbatasan langsung dengan negara tetangga.

Komandan Korem 033/WP Brigjen TNI Fachri di Markas Korem 033 wira Pratama mengatakan, dalam satu dan dua tahun ke depan akan ada penambahan Kodim di Anambas dan Lingga karena Kepri berbatasan dengan empat negara.

Baca Juga :  Arif Pimpin Ikatan Alumni USU Kepri

Dengan dibukanya Kodim ini, kata Fachri, akan menambah Komando Rayon Militer (Koramil) dan satuan tempurnya.

Menurut dia, penguatan wilayah Kepri ditingkatkan karena berbatasan langsung dengan empat negara tetangga yang sewaktu-waktu dapat mengancam keamanan NKRI.

”Kodim ini akan menambah Koramil, begitu pula dengan satuan tempurnya. Secara fisik di Anambas dan Lingga akan kita perkuat,” katanya, Selasa (18/4).

Dia menuturkan, perkuatan pengamanan di Anambas karena berbatasan dengan Vietnam dan Thailand, begitu juga dengan Lingga, sama halnya dengan Batam yang berbatasan dengan Singapura. Saat ini, kata dia, pemerintah sedang membangun pengamanan wilayah di Natuna.

Baca Juga :  10 Atlet Kepri Ikut Kejuaraan Hapkido se Asia Tenggara di Singapura.

”Kita mendukung kebijakan pemerintah yang saat ini membangun wilayah pulau-pulau terluar di Indonesia, salah satunya Kepri,” sebutnya.

Untuk kelancaran rencana pembentukan Kodim ini, Fachri berharap dalam waktu dekat ini dapat segera direalisasikan.

Diketahui, saat Korem 033/WP memiliki empat Kodim terdiri dari Kodim 0315 Bintan, Kodim 0316 Batam, Kodim 0317 Tanjungbalai Karimun, Kodim 0318 Natuna, serta satu Batalyon Raider Khusus 136 Tuah Sakti.

”Mudah-mudahan dalam waktu satu tahun dan dua tahun ini sudah selesai semuanya,” ungkapnya.

Baca Juga :  Nurdin Berharap Turis Kapal Pesiar Betah di Kepri

Selain pembangunan secara fisik, sambung Fachri, sekarang ini yang terpenting bagaimana membangun mental masyarakat. Terutama masalah banyaknya kasus narkoba yang terjadi di tengah masyarakat.

”Kami punya generasi muda TNI, supaya dapat merubah mental masyarakat,” ujarnya. (cr27)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here