TNI/Polri Bersihkan Laut

0
522
BERSIHKAN: Personel Lanal Ranai, TNI AU. TNI AD, Polri, mahasiswa, pelajar dan masyarakat membersihkan Pantai Kencana, Selasa (22/8). F-HARDIANSYAH/TANJUNGPINANG POS

Sekaligus Ajak Warga Jaga Kebersihan

ORASI – Di bawah Komando Kolonel Laut (P), Tony Herdijanto dalam orasi singkat di Pantai Kencana mengajak seluruh elemen masyarakat untuk peduli lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan. Orasi yang dia lakukan itu supaya masyarakat tidak membuang sampah ke sungai, pantai dan laut. Dan peduli akan lingkungan. Hal ini disampaikan Danlanal Ranai, Kolonel Laut (P), Tony Herdijanto saat membersihkan sampah di Pantai Kencana, Selasa (22/8).

Kegiatan bersih-bersih pantai ini, kata Danlanal merupakan instruksi dari Pangarmabar ke semua Lanal, Posal dan prajurit TNI AL dimanapun bertugas supaya mengajak masyarakat untuk tidak membuang sampah ke laut. Selain itu sambung Danlanal juga dalam rangkaia memperingati HUT RI ke-72 tahun 2017 dalam upaya untuk peduli lingkungan sekitarnya terutama bahaya plastik yang sering dibuang sembarangan oleh warga.

Kenapa dipilih untuk bersih-bersih pantai karena kebanyakan warga membuang sampah ke pantai dan ke laut. Sekaligus menjadikan laut sebagai Beranda Terdepan. ”Sampah plastik ini selain susah diurai juga berakibat bisa merusak ekosistem sekitarnya. Kebanyakan warga kita membuang sampah ke laut tanpa memikirkan akibatnya. Makanya mulai sekarang Laut Natuna menjadi Beranda Depan Kita,” sambung Danlanal.

Kegiatan ini tambah Danlanal juga akan dilakukan secara berkelanjutan. Dan rencananya akan dilaksanakan di setiap pantai yang ada di Natuna. ”Hari ini di sepanjang Pantai Kencana, ke depannya juga akan dilakukan di pantai lainnya seperti Pantai Tanjung atau juga di pantai lainnya. Kegiatan ini bukan sampai di sini saja akan tetapi berkelanjutan secara kontiniu,” tambahnya.

Dalam kegiatan ini, kata Danlanal melibatkan 300 personel selain dari TNI AL juga melibatkan personel AD, Polisi dan pelajar setingkat SMU dari SMK Kelautan, Ranai. ”Dalam kegiatan ini melibatkan 300 personel dari AL, AD dan Polri dibantu sejumlah pelajar,” kata Danlanal.

Untuk mendukung kegiatan tak buang sampah ke laut, pihaknya akan bekerja sama dengan Pemkab Natuna untuk menepatkan tong-tong sampah di tempat-tempat umum dan sekitar pantai. ”Kita akan berkerja sama dengan Pemda Natuna untuk sama sama peduli lingkungan, salah satunya dengan perbanyak tong-tong sampah. Semoga kita semua peduli dengan lingkungan sekitar dan Natuna bebas sampah terutama di Sungai, pantai, dan laut,” terangnya.(cr25)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here