Trafik Data Telkomsel Tumbuh 22,8 Persen

0
77
Karyawan Telkomsel saat melayani pelanggan secara online.

Sediakan Paket Insentif 25 GB Hanya Rp10

BATAM – Selama momen ramadan dan Idul Fitri 2020, trafik data Telkomsel mengalami pertumbuhan, hingga 22,8 persen. Peningkatan juga terjadi didorong aktivitas pelanggan beribadah, belajar dan bekerja di rumah. Usai idul fitri, Telkomsel juga memberikan insentif paket data 25 GB, dengan harga hanya Rp10.

Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro mengatakan, insentif diberikan Telkomsel yang merayakan ulang tahun ke-25 ditengah Covid-19, memberikan insentif untuk relawan. “Insentif diberikan mulai 26 Mei 2020, berupa paket kuota data sebesar 25 GB per bulan senilai Rp10, khusus untuk 10.000 relawan Gugus Tugas COVID-19,” katanya.

Sementara untuk layanan selama ramadhan dan idul fitri, layanan data Telkomsel di area residensial naik 31 persen. Secara umum, lonjakan trafik layanan data terjadi 24 Mei, naik 22,8 persen dibanding hari normal. tingkat keberhasilan koneksi data selama Idul Fitri 1441 H juga mencapai 99,9 persen.

“Ini berkat upaya penguatan jaringan yang dilakukan Telkomsel di 436 POI (Point of Interest) dengan berfokus pada area residensial, rumah sakit, serta jalur dan titik transportasi,” ujarnya.

Sementara layanan suara dan SMS mengalami penurunan trafik jika dibandingkan dengan hari normal. Trafik layanan suara turun sebesar -0,9% menjadi 1,1 Miliar Menit, sedangkan trafik layanan SMS turun -12,1% menjadi 495 juta SMS. Penurunan trafik pada layanan legacy ini terjadi akibat semakin kuatnya adopsi masyarakat dalam pemanfaatan layanan broadband dan digital.

“Khususnya dalam berdaptasi dengan gaya hidup baru untuk mendukung produktivitas saat beraktivitas di rumah selama pandemi COVID-19 saat ini,” imbuh dia.

Ditambahkan, momen ramadan dan Idul Fitri, dimanfaatkan untuk menghadirkan kenyamanan mengakses layanan terdepan. Terutama broadband berkualitas bagi pelanggan, terutama beraktivitas dengan cara-cara baru pada saat pandemi COVID-19, seperti beribadah, bekerja, belajar dan bersilaturahmi dari rumah.

“Upaya Telkomsel dalam memberikan manfaat tersebut menjadi perwujudan komitmen perusahaan untuk terus bergerak maju menghadirkan solusi yang customer-centric di tengah masa yang penuh tantangan seperti sekarang,” bebernya.

Dijelaskan, pemanfaatan layanan berbasis data tertinggi hingga 26,7 petabyte, atau meningkat sebesar 22,8 persen, jika dibandingkan hari normal di tahun 2020.
 
“Kami memahami bahwa momen Lebaran tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Kali ini berlangsung di tengah masa yang penuh dengan tantangan di masa pandemi COVID-19, sehingga cukup  merubah cara masyarakat dalam merayakannya,” katanya.

Maka dari itu, sebagai connectivity enabler, Telkomsel berupaya untuk memastikan seluruh pelanggan dapat tetap menjalin silaturahmi dan saling terhubung dengan orang-orang tercinta walau harus dilakukan dari rumah. Momen Lebaran tahun ini juga merupakan momen yang spesial bagi kami, karena pada 26 Mei lalu Telkomsel genap berusia 25 tahun.

“Kami pun memaknai usia kami dengan penuh semangat untuk terus bergerak maju bersama masyarakat Indonesia dalam beradaptasi menjalani gaya hidup baru atau memasuki fase the new normal” di berbagai aspek kehidupan ini,” ujarnya.

Dikatakan, sepanjang ramadhan dan idul fitri, secara persentase, wilayah operasional Telkomsel di Sumatera Bagian Selatan, Sumatera Bagian Utara, dan Jawa Barat mengalami peningkatan penggunaan layanan data. Pertumbuhan tertinggi sekitar 35% dibandingkan hari normal.

“Untuk trafik layanan data di Jabodetabek melonjak sekitar 60,9% dibandingkan periode yang sama di tahun lalu,” terangnya.

Disebutkan, pada hari Raya Idul Fitri 2020, pelanggan Telkomsel juga lebih banyak memanfaatkan layanan komunikasi berbasis data sebagai sarana silaturahmi virtual sehingga mengalami kenaikan sebesar 75,4%. Sedangkan layanan video streaming naik 13,8% dan mobile gaming naik 83,7%.

“Dimana layanan ini banyak dimanfaatkan pelanggan untuk mengisi waktu beraktivitas dan bersilaturahmi di rumah selama lebaran,” imbuhnya.(mbb)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here