Treadmill dan Echocardiography untuk Cek Jantung

0
2294
Cek JANTUNG: dr Nanda Iryuza Sp, Jp sedang melakukan pemeriksaan jantung pasiennya di RSUD Provinsi di Tanjungpinang, belum lama ini. F-ISTIMEWA/RSUP kepri

Poli Jantung Ada di RSUD Provinsi Tanjungpinang  

TANJUNGPINANG – Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Provinsi Kepri Tanjungpinang, dr Muchtar L Munawar mengatakan, RSUD Provinsi Kepri Tanjungpinang terus meningkatkan fasilitas pelayanan.

Ini dilakukan untuk mendekatkan pelayanan ke masyarakat, khususnya masyarakat Tanjungpinang, Bintan dan sekitarnya.

”Saat ini, RSUD Provinsi mulai memberikan layanan pemeriksaan spesialis penyakit jantung. Kini sudah dilengkapi peralatan treadmill dan echocardiography,” kata Muchtar L Munawar, kemarin.

Menurutnya, tersedianya alat kesehatan ini, tentu sangat membantu dokter untuk mendiagnosis penyakit jantung. Sehingga menjadi acuan dalam pemberian therapi. Tujuanya, supaya pasien mendapatkan layanan pengobatan yang tepat dan efektif.

Baca Juga :  Telaten Bergaya RA Kartini

”Spesialis jantung, ini dilayani oleh dokter jantung kita, yakni dr Nanda Iryuza,” sebut dia.

dr Nanda Iryuza, Sp.Jp, menambahkan pemeriksaan kesehatan melalui treadmill dilakukan untuk menilai kondisi jantung dengan cara merekam jantung disertai latihan fisik.

Treadmill digunakan untuk mendeteksi penyakit jantung koroner, melakukan evaluasi terhadap terapi dan intervensi yang telah dilakukan terhadap pasien.

Selain itu, untuk mengukur kapasitas fungsional (tingkat kebugaran) serta membuat program latihan.

Echocardiography adalah pemeriksaan jantung dengan alat ultrasonografi (USG),” kata Nanda Iryuza.

Baca Juga :  Agus Minta RSUD Dipugar Total

Pemeriksaan echocardiography seperti ”mengintip” kondisi jantung Anda (pasine). Pemeriksaan ini bertujuan, lanjut dia, untuk menilai fungsi dan anatomi jantung.

Bagaimana ketebalan otot jantung Anda, bagaimana kondisi sekat jantung Anda, adakah kebocoran pada sekat jantung. Bagaimana kondisi rongga-rongga jantung Anda, adakah pembesaran rongga jantung.

”Bahkan echocardiography juga bisa menilai kondisi lapisan selaput jantung, adakah cairan di dalam selaput jantung,” terang dia.

Dengan tersedianya layanan ini, dokter Muchtar berharap, masyarakat Kepri khususnya Tanjungpinang, Bintan dan sekitarnya, dapat semakin dekat dengan pelayanan yang modern dan prima.

Baca Juga :  Gedung Lima Lantai Butuh Rp 6 Miliar Lagi

RSUD Provinsi Kepri Tanjungpinang selalu berkomitmen memberikan pelayanan yang terbaik buat masyarakat Kepri.

”Mohon doa restu dari masyarakat. Sehingga kami (RSUD Provinsi Kepri-Tanjungpinang, red) dapat memberikan pelayanan maksimal dan dapat terus melengkapi fasilitas dan memperbaiki kualitas pelayanan kami,” sebut dia. (dri)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here