Triliunan Rupiah akan Masuk Anambas

0
704
YUNIZAR

ANAMBAS – NILAI investasi yang akan masuk ke Kabupaten Anambas diprediksi mencapai triliunan rupiah. Namun, sejumlah Investor baik itu Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) ataupun Penanaman Modal Asing (PMA) telah melirik Anambas sebagai ladang Investasi masa depan.

Menariknya lagi, investasi yang dilakukan rata-rata bergerak di sektor pariwisata. Hal itu diketahui, adanya pengurusan izin prinsip yang dilakukan beberapa investor.

Yunizar SE MP, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Transmigrasi dan Tenaga Kerja (DPMPTSPT2) Kabupaten Anambas mengatakan, hingga saat ini asumsi perusahaan yang akan berinvestasi pada Izin prinsipnya mencapai Rp 454 miliar.

”Dana tersebut belum mengalir ke daerah. Karena masih masuk dalam izin prinsip,” demikian disampaikan Yunizar, Selasa (5/12).

Ia menambahkan, setiap per semester pengusaha wajib melaporkan perkembangan investasi dalam bentuk laporan kegiatan penanaman modal.

Berdasarkan data yang telah masuk ke pihaknya, ungkap Yunizar, PMA yang masuk ke Anambas sebesar Rp 419 miliar. Sedangkan PMDN sebesar Rp 23 miliar.

”Nilai investasi ini bisa saja bertambah terus sampai akhir Desember 2017. Mengingat, masih terdapat perusahaan yang sedang melakukan pengurusan izin,” jelas Yunizar.

Menurutnya, sektor wisata memang menjadi primadona di Anambas selain Pulau Bawah, dan sejumlah resort yang sudah beroperasi. Selain itu, masih ada beberapa pengusaha yang sedang dalam tahap penjajakan dan pengurusan izin untuk masuk berinvestasi.

”Kita siap membantu dalam pengurusan izin-izin. Sehingga, investor sangat ingin berinvestasi,” terangnya.

Apalagi tak dapat dipungkiri, Anambas memiliki keindahan yang luar biasa baik itu pantai, laut dan bawah lautnya. Belum lagi wisata religi serta kuliner khas, yang dapat memanjakan lidah wisatawan.

”Inilah yang menjadi daya tarik investasi, selain keramahan masyarakat yang sangat luar biasa,” tuturnya.

Hingga bulan november 2017, terdapat sebanyak 317 perizinan yang diurus pengusaha. Izin tersebut mulai pengurusan Surat Izin tempat Usaha (SITU), sampai dengan penggelaran kabel telekomunikasi.

”Saya sangat berharap, investasi di Anambas pada tahun 2018 mendatang terus meningkat sesuai dengan harapan,” tutupnya.(INDRA GUNAWAN)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here