Tugu Proklamasi Masih berdiri Kokoh

0
800
TUGU Proklamasi di setiap kecamatan di Pulau Tujuh saat ini masih berdiri megah dan terawat.F-ISTIMEWA

NATUNA – Perjuangan seorang pemimpin proklamator Bung Hatta di setiap pulau, tidak memandang jauh jarak yang harus ditempuh. Hal itu terbukti dengan berdiri kokoh tugu proklamasi di Kecamatan Serasan, dulunya termasuk dalam Pulau Tujuh yang masih terjaga dan terawat dengan baik. Hal ini membuktikan bahwa kehadiran pemimpin menjadi semangat bagi masyarakat serasan.

Dengan dibangunnya tugu Proklamasi, tanda disetiap kecamatan di Pulau Tujuh termasuk bagian dari NKRI harga mati.

Seorang tokoh masyarakat Serasan Fadillah yang akrab disapa (Qloch) menceritakan, pembangunan tugu Proklamasi di Kecamatan Serasan sudah dibangun sejak tahun 1957 silam hingga sekarang masih terjaga dengan baik.

Baca Juga :  Obat Langka, Sekda Segera Temui Menkes

”Tugu Proklamasi yang masih berdiri kokoh di setiap Kecamatan di Pulau Tujuh, merupakan Saksi bisu atas Kehadiran Sang Proklamator (Bung Hatta) pada tahun 1955 di pulau perbatasan,” kata Fadillah saat ditemui di Jalan Soekarno-Hatta, Kamis (24/5).

Ia menjelaskan, tujuan pembangunan tugu ini menandakan Kecamatan Serasan kabupaten Natuna bagian timur termasuk wilayah Indonesia yang berbatasan langsung dengan Serawak Malaysia.

Karena pada 29 Desember 1949, bendera Belanda diturunkan dan Bendera Merah putih (bendera kebangsaan Indonesia) untuk pertama kalinya di kibarkan di Kecamatan Serasan.

Baca Juga :  Brigadir Mudiyanto Jadi Pelopor Tingkatkan Minat Baca

”Dulu kehadiran Wakil Presiden pertama Bung Hatta di Serasan menandakan, bahwa wilayah Indonesia luas yang memiliki beragam kepulauan. Makanya dibangun tugu proklamasi di setiap kecamatan di Pulau Tujuh,” ucapnya.

Pihaknya mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kecamatan, dan Pemuda Tempatan (Pelimpak) yang senantiasa menjaga kelestarian monumen sejarah ini.

”Karena jika tidak ada yang merawat dan menjaga sudah pasti akan hancur di telan zaman. Kita berharap tugu ini menjadi saksi bahwa di setiap kecamatan di Pulau tujuh termasuk bagian dari NKRI,” harapnya. (hrd)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here