Turis India Betah Berlama-lama di Kepri

0
196
PULUHAN turis mancanegara hadir melihat keindahan Pulau Senoa. f-hardiansyah/tangjungpinang pos

BATAM – Lama tinggal atau length of stay turis asal India dinilai lebih lama dibanding wisman lainnya. Bahkan, lama tinggal wisman India mengalahkan wisatawan asal Singapura.

Wisman India bisa menghabiskan waktu sekitar empat sampai tujuh hari di berbagai kawasan di Kepri.

Demikian diungkapkan Kadis Pariwisata Kepri, Buralimar, Sabtu (24/8) di Batam. Sehingga, kehadiran wisman India, memberikan efek positif lain, seiring dengan length of stay mereka.

”Mereka senang di Kepri, mereka menikmati pelesiran di pantai-pantai dan mereka biasanya rombongan,” kata Buralimar.

Disampaikannya, hingga akhir Juni 2019 lalu, kunjungan wisman asal India yang datang ke Kepri menempati urutan ke empat dibawah Singapura, Malaysia, dan Tiongkok.

Tercatat ada 16.127 kunjungan atau sebesar 6,1 persen dari total kunjungan wisman ke Kepri sebanyak 267.307 kunjungan wisman pada Juni 2019.

Jika menghitung jumlah kunjungan dari Januari hingga Juni atau semester I 2019 ini, kunjungan wisman wisman asal India menyumbang sebesar 5,75 persen atau sebanyak 80.814 kunjungan dari total kunjungan wisman ke Kepri sebanyak 1.405.283 kunjungan.

”Potensi Kepri untuk bisa meningkatkan kunjungan orang-orang India ini sangat terbuka lebar. Tapi harus ada daya tawar untuk membuat wisman India yang berada di Singapura mau bergeser Kepri,” ujarnya.

Disampaikannya, setiap tahun ada 18 juta kunjungan wisman ke Singapura. Dimana, 5 juta merupakan wisman asal India.

Mereka melakukan upayakan berbagai program untuk meningkatkan wisman India. Saat ini turis asal india sudah lebih banyak dibanding Korea dan Jepang.

”Tren-nya sudah positif. Tapi butuh dukungan fasilitas dan sajian kuliner khas India yang masih terbatas. Hal inilah yang akan menjadi salah satu fokus Dispar Kepri sehingga nantinya bisa menghadirkan kenyamanan bagi wisman asal India,” bebernya.Berikan Anugerah untuk Pelaku Wisata

Sementara untuk pelaku pariwisata di Kepri yang dinilai berjasa mendukung pesatnya perkembangan pariwisata, akan diberikan anugerah.

Menurut Buralimar, rencananya kegiatan yang diberi nama Malam Anugerah Pariwisata (MAP) Kepri 2019 ini akan dilaksanakan pada Sabtu (31/8) mendatang.

”Kita harapkan, penghargaan bisa menjadi motivasi bagi para pelaku pariwisata di Kepri untuk meningkatkan pelayanan dan fasilitasnya. Menumbuhkan kembali kecintaan, rasa bangga, dan rasa memiliki pada pariwisata di daerah sehingga berdampak pada peningkatan kunjungan wisatawan ke Kepri,” harap Buralimar.

Penghargaan ini sendiri, nantinya akan diberikan kepada 10 kategori yang telah disiapkan panitia. Diantaranya destinasi wisata bahari dan alam, destinasi wisata sejarah dan budaya, event, baik yang berkaitan dengan alam, budaya, maupun even buatan.

Penghargaan ini juga aan diberikan kepada komunitas yang mendukung pengembangan pariwisata, akademisi yang peduli pariwisata, media dan hotel dan resort. (mbb)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here