Ubah Sampah Jajanan Jadi Kerajinan Unik

0
1191
TINJAU: Pengawas sekolah Nordin didampingi Kepala SDN 001 Cendra Krida melihat hasil kerajinan tangan siswa dari limbah jajanan, Jumat 21 April.F-Jendaras/tanjungpinang pos

Kreatifitas Siswa SDN 001 Seri Kuala Lobam

BINTAN – Dalam rangka mmewujudkan sekolah prediket Adiwiyata, SDN 001 Kecamatan Seri Kuala Lobam terus melakukan inovasi, terutama mengenai penataan lingkungan dan juga pengolahan sampah di sekolah tersebut.

Untuk itu pihak sekolah mendidik siswa untuk berkreatifitas membangun sekolah yang hijau dan ramah lingkungan. Hal itu pun dibuktikan dengan siswa mampu membuat berbagai kerajinan tangan unik dari limbah dan sampah jajanan di sekolahnya.

Kepala SDN 001 Seri Kuala Lobam, Cendra Krida mengatakan, pihaknya saat ini sedang mengikuti penilaian sekolah Adiwiyata tingkat nasional untuk tingkat sekolah dasar. SDN 001 Seri Kuala Lobam merupakan satu-satunya sekolah mewakili Bintan untuk tahun 2017.

Baca Juga :  Gambar Geometri, Latih Anak Berpikir Logis

”Kreatifitas ini ada berkat hasil pola ajar anak di kelas. Tidak hanya belajar mata pelajaran secara formal, namun juga kreatifitas anak diasah, terutama untuk lebih peduli lingkungan,” ujar Cendra saat pameran kerajinan tangan di sekolah tersebut, Jumat (21/4).

Ia menambahkan, sekolahnya yang sudah menjadi juara Adiwiyata tingkat Kabupaten dan provinsi itu, terus melakukan pola didik anak dengan lingkungan yang hijau dan juga memberikan manfaat tepat guna dari barang-barang yang tidak terpakai lagi.

Sementara itu, Nordin, Pengawas Sekolah dari Dinas Pendidikan Kabupaten Bintan mengatakan, untuk tahun ini ada 4 SDN yang mengikuti lomba adiwiyata.

Baca Juga :  Jangan Tergesa-gesa saat Mengerjakan Soal UN

3 sekolah yaitu SDN 002 dan 003 Seri Kuala Lobam serta SD Tunas Bangsa Lagoi ikut dalam kategori tingkat Provinsi Kepri dan SDN 001 Seri Kuala Lobam ikut dalam tingkat nasional.

”Harapan kami, sekolah ini menjadi yang terbaik,” tuturnya.

Namun secara substansi dengan pendidikan peduli lingkungan dan kreatifitas anak akan membuat pendidikan karakter menjadi kuat.

Anak-anak bisa berkreasi membuat tas dari sampah sisa makanan, ini membuat siswa menjadi inovatif, pastinya masih banyak lagi yang dapat dihasilkan dari limbah yang terbuang tersebut.(JENDARAS)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here