Ujian Sistem Komputer Lebih Mudah

0
1106
SISWA SMKN 2 Tanjungpinang sedang melaksanakan simulasi UNBK, Rabu (31/1) kemarin.f-ISTIMEWA

Dua Hari siswa SMKN Simulasi UNBK

TANJUNGPINANG – Siswa SMK di Kepri melaksanakan simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) selama dua hari, Rabu (31/1) dan Kamis (1/2).

Ada tiga mata pelajaran yang disimulasikan. Hari pertama yaitu Matematika dan Bahasa Indonesia serta hari kedua, Bahasa Inggris.

Banyak siswa menilai, ujian menggunakan komputer lebih mudah dibandingkan ujian manual kertas dan pensil. Seperti dituturkan, salah satu peserta di SMKN 2 Tanjungpinang saat ke luar dari lab komputer.

”Lebih mudah pakai komputer karena tinggal klik jawaban, bila manual maka ribet melingkari dengan rapi agar tak ketebalan atau bahkan kertas sobek,” ungkapnya usai mengikuti ujian matematika.

Baca Juga :  Rasa Nasionalisme Jangan Pudar

Sehingga menurutnya, harus fokus melingkari daripada memikirkan jawaban setiap soal.

Ia berharap, nantinya pelaksanaan ujian dapat berjalan lancar.
Tidak ada kendala, seperti jaringan maupun listrik padam. ”Mudah-mudahan berjalan lancar dan siswa lulus semua seperti tahun-tahun sebeumnya,” ungkapnya.

Dari soal tadi, menurutnya, harus mengulang mata pelajaran dari kelas 10 , 11 dan 12 kembali. Ini merupakan simulasi ke dua setelah November lalu juga telah melaksanakan.

Kepala Seksi Kurikulum SMA Dinas Pendidikan Kepri, Juritno menuturkan, pada umumnya pelaksanaan simulasi berjalan lancar. Menurutnya, simulasi ini sangat penting karena bisa mengetahui kesiapan laboratorium, peralatan, proktor, teknisi, hingga siswa.

Baca Juga :  Seragam, Orangtua Langsung ke Tukang Jahit

Nilai siswa saat simulasi juga bisa menjadi masukan/evaluasi bagi pihak sekolah. Misalnya, nilai siswa yang sudah memenuhi nilai kelulusan bisa dimaksimalkan.

Jika ada yang masih kurang pun bisa diperbaiki dengan lebih meningkatkan daya belajar siswa. Sekolah-sekolah juga memberikan jam tanbahan belajar bagi siswa.

Meskipun ada simulasi, proses kegiatan pembelajaran tetap berlangsung. Ia menambahkan, UNBK nantinya, jawaban siswa di periksa Dispendik yang di pusat. Setiap sekolah melalui proktor yang nantinya mengirimkan hasil jawaban siswa,” ungkapnya.

Selain itu, ia menyebutkan hasil UNBK bukan penentu kelulusan, meski demikian hasilnya bisa menjadi penentu masuk perguruan tinggi. Jadi siswa juga harus belajar dan dapat meraih nilai terbaik dari setiap mata pelajaran yang di ujiankan.

Baca Juga :  Pengumuman Kelulusan SMP Diundur

Begitu juga dengan USBN, yang sebagian sekolah sudah menggunakan komputer meski masih ada juga yang masih manual. Dijadwalkan, UNBK tingkat SMK rencananya dilaksanakan 2 April mendatang.(DESI LIZA)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here