Wabup Minta CASN Tak Persoalkan Biaya Kesehatan

0
689
upacara: Wakil Bupati Lingga, M Nizar menjadi inspektur upacara yang dilakukan setiap Senin f-dokumen/tanjungpinang pos

Lingga – WAKIL Bupati Lingga, Muhammad Nizar meminta Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun 2015, untuk tidak terprovokasi dengan isu Pungutan Liar (Pungli) yang dilakukan pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD). Baik itu RSUD Dabo, RSUD Encik Fatimah Daik dan Dinas Kesehatan Lingga.

Beredarnya Informasi soal pungli ini, mencuat saat tes kesehatan CASN penerimaan pegawai pada 2015 silam. Dihembuskan isu, bahwa untuk ikut tes kesehatan (syarat penerimaan CASN), setiap orang harus membayar sejumlah uang.

”Saya minta CASN jangan meributkan informasi ini. Kami sedang melakukan pengkajian atas pembayaran tes kesehatan ini. Jangan dikembangkan, supaya tidak menganggu stabilitas pemerintahan,” kata Nizar saat apel bersama di Gedung Nasional Dabo Singkep, Senin (30/1).

Baca Juga :  Syamsiah Bawa Pulang Motor

Dugaan pungli tes kesehatan ini berawal, ketika ada 15 orang CASN penerimaan tahun 2015 melaporkan kepada tim Saber Pungli adanya punggutan tanpa dasar hukum atas tes kesehatan CASN.

”Untuk itu saya minta para CASN jangan meributkan hal ini. Pemkab sedang berupaya mengambil kebijakan seauai dengan aturan yang berlaku,” ucap Nizar.

Dinas Kesehatan Lingga sudah mengajukan agar dilakukan perubahan terhadap Perbup yang mengatur besaran cek kesehatan di rumah sakut milik pemerintah di Lingga.

Perubahan yang dimaksud terkait persoalan tarif yang sudah tidak sesuai dengan kondisi saat ini. Kenaikan harga peralatan medis untuk tes kesehatan menjadi dasar permintaan kenaikan tarif tes kesehatan.

Baca Juga :  PLN Ancam Putuskan Listrik

Nizar menilai, biaya Rp 750.000 yang diterapkan Dinas Kesehatan dan pihak rumah sakit dinilai wajar bila dibandingkan tes kesehatan dilakukan ditumah sakit di luar daerah yang biayanya mencapai Rp 2 juta.

”Tarif ini belum termasuk transportasi dan akomodasi,” sebut Nizar. (TENGKU IRWANSYAH)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here