Wardah, Gadis Penemu UVC Aromatherapy

0
1172
PAMERAN: Wardah saat mengikuti pameran TTG tingkat nasional di Lombok November tahun lalu. F-IST

Tanjungpinang – BERAWAL dari sang kakek yang menderita penyakit Tuberkulosis (TBC), mahasiswi Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Tanjungpinang ciptakan UVC-Aromatheraphy (Ultraviolet C Aromatheraphy).

Alat itu diciptakan gadis Wardahtun Najwah Rinnobi (19) yang akrab disapa Wardah, mahasiswi Program Studi (Prodi) Kesehatan Lingkungan Poltekkes.

”Alat ini mampu memberantas kuman Mycobacterium Tuberculosis yang terdapat pada tubuh pengidap TBC,” tegasnya, Selasa (7/3).

Ia mengatakan, dengan bantuan sinar sinar ultraviolet dan aromaterapi UVC-Aromatheraphy yang ditebar dalam ruangan, dan akan menjadi senjata mematikan bagi kuman Mycobacterium Tuberculosis.

Temuan itu, telah memiliki prestasidan tercatat sebagai pemenang utama dalam ajang lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) tingkat kota di Tanjungpinang pada tahun lalu.

Baca Juga :  Sembilan Mahasiswa Baru Dapat Beasiswa

Sedangkan pada TTG tingkat provinsi, UVC-Aromatheraphy menduduki posisi harapan 3 yang berlangsung di Batam

Selain itu, ia juga mewakili Tanjungpinang pada ajang pameran TTG tingkat nasional yang berlangsung di Lombok November lalu.

”Kita masih jauh tertinggal dari Skill Standar inovator-inovator daerah lain, dan mereka terus berkembang serta maju,” tuturnya.

Dengan prestasi itu, ia pun mendapatkan tawaran kerjasama dan beasiswa dari Dokter Aminah asal Universitas Padang, meski pada akhirnya ia menolak tawaran itu.

Terciptanya UVC-Aromatheraphy, ia menginginkan pemuda Tanjungpinang terpacu untuk menjadi seorang inovator yang selama ini dianggap pemuda Tanjungpinang minim gebrakan.

Baca Juga :  Mahasiswa Belajar Pupuk dan Olah Tanah

”Tanjungpinang sangat membutuhkan inovator-inovator kreatif, yang turut mendukung kemajuan daerahnya,” katanya.

Putri dari pasangan Kasturi dan Siri Fatonah tampak tidak bisa berdiam diri, dan selalu mengasah bakatnya dan memperoleh berprestasi untuk memajukan Tanjungpinang.

Dalam waktu dekat, Wardah menyebutkan, akan ada lomba TTG tingkat kota Tanjungpinang dan ia beserta tim nya akan kembali mengikuti ajang tersebut dan merahasiakan temuan barunya.

”Ya, saya dan tim akan ikut lomba TTG dengan inovasi temuan baru yang masih dengan masih kemanusiaan,” jelasnya.

Baca Juga :  PKKMB Stisipol Sukses Digelar

Kini UVC-Aromatheraphy buatannya telah mulai diterapkan di salah satu puskesmasTanjungpinang.

Kendati demikian, pengembangan alat tersebut baru akan dilanjutkan pada tahun depan jika biaya untuk pengembangannya mencukupi.(SHENDY)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here