Warga Demo Tolak Tarif Listrik

0
982
Demo tarif: Warga demo tentang rencana kenaikan tarif listrik beberapa waktu lalu. f-martua/tanjungpinang pos

BATAM – Rencana kenaikan tarif listrik di Batam disikapi puluhan orang warga yang mempertayakan rekomendasi DPRD Kepri, yang disiapkan untuk Gubernur Kepri, Nurdin Basirun.

Rencana kenaikan tarif listrik itu, pendemo tidak menyalahkan PLN walau mereka yang mengusulkan kenaikan. Alasannya, PLN hanya mengusulkan.

Aksi demo sendiri berlangsung, Senin (6/3) diawali dengan di depan Graha Kepri, yang menjadi kantor perwakilan Pemprov Kepri di Batam. Kemudian aksi demo dilanjutkan ke gedung DPRD Batam.

Pendemo membawa sejumlah spanduk, berisi tuntutan penolakan kenaikan tarif. Mereka mengaku kecewa dengan DPRD Kepri, sehingga menggelar demo di kantor DPRD Batam.

Baca Juga :  Menhub Tinjau Kesiapan Angkutan Lebaran

”Baik dari PLN, maupun masyarakat. Kami tak menyalahkan PLN. Mereka kan hanya mengusulkan. Wewenangnya ada di DPRD Kepri,” teriak koordinasi aksi yang mengatasnamakan Aliansi Masyarakat Peduli Listrik.

Mereka mengaku kecewa dengan DPRD Kepri, karena menyetujui kenaikan tarif listrik, tanpa mempertimbangkan, aspirasi masyarakat. DPRD Kepri menurutnya harus melakukan penelitian terhadap kondisi ekonomi masyarakat.

”Kondisi ekonomi masyarakat sedang tidak baik. Ditambah biaya hidup yang naik. Kalau listrik naik, akan diikuti kenaikan harga kebutuhan,” katanya.

Alasan itu, mereka menilai DPRD Kepri tidka pro masyarakat. Harusnya DPRD Kepri mempertimbangkan kondisi masyarakat, seperti diamanatkan PP Nomor 14 tahun 2012.

Baca Juga :  Kenduri Akhir Tahun dengan Zikir Peduli Bencana

”PP mengamanatkan harus melihat kondisi, kepentingan dan kemampuan masyarakat. Tingkat kemiskinan di sini tinggi,” bebernya.

Diingatkan, jika DPRD Kepri melakukan penelitian sebelum merekomendasikan kenaikan, harus membuka ke publik. Sehingga tidak menimbulkan masalah untuk masyarakat.

”Karena ini akan meningkatkan inflasi. Terlebih sebentar lagi akan memasuki Ramadan. Bahan makanan akan otomatis naik,” imbuhnya mengakhiri, sebelum membubarkan diri, karena saat yang bersamaan, DPRD Batam sedang menggelar rapat paripurna. (mbb)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here