Warga Diminta Tanam Toga

0
312
Aunur Rafiq

Bupati Karimun Aunur Rafiq mendorong masyarakat mengembangkan tanaman obat keluarga (TOGA) di pemukiman padat penduduk. Atau dikelola dengan cara berkelompok pada tingkat RT atau RW dan Kelurahan.

KARIMUN – Hal itu ia sampaikan saat meninjau Kampung Toga di Kelurahan Harjosari, Kecamatan Tebing. Pada tingkat nasional, kampung toga tersebut menempati urutan ke-4 dari seluruh toga di Indonesia.

Tahun lalu, Kampung Toga Desa Selat Mendaun, Kecamatan Karimun juara 1 tingkat Provinsi Kepri dan juara 3 tingkat Nasional.

”Ia berharap pada tahun 2019, Toga di Karimun bisa berada posisi nomor urut 2 atau menjadi juara 1. Ia yakin, jika dikelola dengan baik bersama dengan masyarakat. Toga tidak hanya kepentingan pengurus atau inisiator tetapi kepentingan seluruh masyarakat sekitar,” kata Aunur Rafiq.

Rafiq menyebutkan, tujuan diadakan Kampung Toga merupakan program dari Kemenkes RI untuk mendorong produk tanaman obat dan akupresur. Bisa memproduk jamu dari tanam-tanaman yang di tanam.

”Jamunya sudah dipasarkan di rumah kreatif dan juga mini market. Adanya produk ini juga sudah membuat gerakan minum jamu ke masyarakat,” kata Rafiq sambil meminum jamu produk dari Kampung Toga.

Di Kampung Toga ada sebanyak 90 jenis tanaman. Kampung Toga ini juga menjadi sebagai tempat kunjungan dan saling bertukar tentang informasi tanaman yang bisa jadi obat keluarga.(ALRION)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here