Warga Kecewa, Disnaker Tiadakan Pelatihan Tenaga Kerja

0
844
Alat berat: Pekerja salah satu perusahaan di Karimun sedang memperbaiki alat berat, beberapa waktu lalu. F-ALRION/TANJUNGPINANG POS

Karimun – SALAH seorang warga Karimun, Putra mengatakan, ia pada pekan lalu mendatangi Kantor Disnaker Karimun untuk mendaftarkan diri menjadi peserta pelatihan.

Namun, ia kecewa, ternyata pemerintah dalam hal ini Disnaker meniadakan pelatihan untuk pencari kerja (Pencaker).

”Saya dari Disnaker Karimun, staf di sana mengatakan tidak ada pelatihan keahlian dasar untuk riger, welder, yang ada security dan sertifikasi keahlian untuk yang sudah ahli,” kata Putra dengan nada kecewa kepada Tanjungpinang Pos, Minggu (5/3) kemarin.

Ia ingin dapat pelatihan dengan harapan dapat bekerja pada salah satu perusahaan di Desa Pangke Barat pada bulan Agustus mendatang. Perusahaan itu menerima pekerja yang memiliki sertifikat keahlian dasar seperti riger, welder, operator forklif dan safety.

Baca Juga :  Polisi Amankan Petasan dan Bunga Api

”Pelatihan untuk keahlian dasar memang tidak ada tahun ini, kecuali pelatihan untuk security, jumlahnya puluhan tetapi tidak sampai 50 orang” kata seorang staf Disnaker Karimun yang meminta namanya tidak disebutkan.

Ia tidak mengetahui penyebab pelatihan keahlian dasar tahun ini ditiadakan. Meskipun dilaksanakan jumlah peserta masih sangat terbatas. Akibatnya, tidak sedikit calon pekerja yang terpaksa harus mengeluarkan biaya sendiri untuk mendapatkan sertifikat. Tambah dia lagi.

Pemerhati Kinerja Aparatur Daerah, Abizar justru mempertanyakan kenapa pelatihan keahlian dasar di Karimun ditiadakan tahun ini.

Baca Juga :  KPU Gelar Simulasi Pemungutan Suara

Ia juga mempertanyakan komitmen Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karimun untuk menjamin ketersediaan lapangan kerja bagi pencari kerja di Karimun.(ALRION)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here