Warga Rebutan Air Bersih

0
443
Warga Kampung Bugis memikul air bersih dari bantuan mengunakan ember, kemarin.f-raymon/tanjungpinang pos
Warga yang lagi kesulitan mendapat air bersih mendapatkan bantuan dari Palang Merah Indonesia. Ada juga dari Alumni SMPN 1 Angkatan 99 Tanjungpinang, Ormas Melayu Raya, Pemda dan Kepolisian yang mambantu menyuplai air bersih untuk warga.

TANJUNGPINANG – Wajah ceria warga terpoancar saat bantuan datang. Mereka beramai-ramai menyambut kedatangan mobil tanki air. Tanpa basa basi lagi, warga langsung mengambil ember dan jeriken untuk mengangkut air bersih ke rumah mereka masing-masing.

Warga membutukan air bersih untuk mandi, mencuci serta memasak, karena sudah beberapa bulan ini tidak ada hujan sementara sumur warga juga sudah lama kering. Warga rela berebut air agar kebagian. Seperti PMI Provinsi Kepri, Kamis (21/3) kembali menyalurkan air bersih di wilayah RW IV Kelurahan Tanjungunggat. Ia didampingi pihak kelurahan.

Baca Juga :  H Syahrul Ajak Warga Lestarikan Lingkungan

Wakil Sekretaris PMI Kepri Raja Rasfiardi juga turun langsung membagikan air bersih ke warga, mengatakan PMI terus mendistribusikan air bersih sampai kebutuhan air warga Kota Tanjungpinang terpenuhi.

”PMI Kepri berusaha membantu masyarakat yang memerlukan air disaat kemarau ini,” ujarnya, kemarin.

Sedangkan alumni Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Angkatan 99 Tanjungpinang, juga mendistribusikan puluhan ribu liter air bersih di Kelurahan Kampung Bugis, Kamis (21/3). Pembagian air untuk warga tersebut, sebagai bentuk kepedulian dan upaya mengatasi krisis air bersih serta kekeringan yang melanda di musim kemarau.

Baca Juga :  Tujuh Bulan, 2.723 Warga Meninggal

Pengurus alumni, Hengky Satriawan mengatakan, curah hujan di Tanjungpinang sejak beberapa bulan terakhir membuat sumber air warga seperti sumur mengalami kekeringan. Menyikapi situasi tersebut, pihaknya berinisiatif untuk membantu warga yang membutuhkan dengan mendistribusikan air bersih.

”Hari ini (kemarin, red) ada lima truk tangki, sekitar puluhan ribu liter air yang dibagikan untuk warga yang kesulitan air bersih,” katanya.

Hengky mengimbau kepada seluruh warga di Tanjungpinang yang kesulitan mendapatkan air bersih, agar segera menghubungi pihaknya.
”Silahkan hubungi kami. Insya Allah kami akan mencoba mengusahakannya,” jelasnya.

Baca Juga :  Pemko Tanjungpinang Bentuk PATBM di 18 Kelurahan

Sementara itu, warga dengan bersemangat menanti air yang dibagikan. Beragam wadah air pun dikeluarkan untuk mendapatkan air secara gratis tersebut. ”Sudah lama tidak hujan, air sumur mulai kering,” kata Ongah warga Kampung Bugis.

Selama beberapa bulan terakhir, menurutnya, warga hanya mengandalkan sumur umum yang kini mulai berkurang debit airnya. Untuk membeli air bersih, warga tidak sanggup, karena harga air cukup mahal.

”Kami berterimakasih atas bantuannya” ujarnya. (RAYMON-ABAS)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here