Warga Temukan Kayu Ilegal

0
670
TUMPUKAN kayu meranti yang tak bertuan diduga hasil illegal logging dan siap untuk diselundupkan di Pantai Desa Batu Berdaun, Kecamatan Singkep. F-TENGKU IRWANSYAH/TANJUNGPINANG POS

LINGGA – Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Peduli Kabupaten Lingga temukan kayu tanpa pemilik yang diduga hasil illegal logging di Pesisir Pantai Desa Batu Berdaun, Kecamatan Singkep.

Diduga, kayu-kayu hasil kualitas tinggi hasil illegal logging akan diangkut menggunakan kapal ke daerah lain yang memesan.

”Ada sekitar 10 ton jenis kayu meranti yang berkuakitas tinggi, telah siap diangkut ke luar daerah di pesisir Pantai Todak tepatnya sebelah pabrik kayu lama yang sudah tidak beroperasi lagi,” kata Arbain, Ketua LSM Paduli, Minggu (14/1).

Baca Juga :  Awe: Investasi Sawit Sudah Tamat

Arbain menyampaikan, temuan kayu tidak bertuan ini awalnya informasi dari masyarakat sekitar. Sebab, masyarakat merasa heran melihat tumpukan kayu di pinggir pantai sejak lama.

Arbain, bersama anggota LSM lainnya langsung mengecek keberadaan kayu tersebut. ”Setelah kami sampai lokasi, hanya ada kayu dan sebuah truk pembawa kayu di lokasi tanpa ada orang yang membawa kayu tersebut,” kata pria yang akrab disapa Bain ini.

Bain berharap, penegak hukum dapat melakukan penelusuran siapa yang menjadi pemilik kayu tersebut. Jika dilihat dari jenis kayu yang memilki kualitas tinggi, diduga kayu berasal dari Hutan Lindung Gunung Muncung. ”Dimana lagi kalau tidak di hutan lindung ada kayu yang jenis ini,” imbuhnya. (tir)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here