Wasit Dilatih, Tingkatkan Kompetensi

0
317
Staf Ahli bidang Ekonomi Pembangunan Sekdako Tanjungpinang Marzul Hendri menyematkan tanda peserta didampingi Kadispora Kepri Maifrizon dan Kadispora Tanjungpinang, Djasman, Senin (23/9) malam.

TANJUNGPINANG – 60 wasit dari tiga cabang olahraga (Cabor) mengikuti pelatihan dasar yang dilaksanakan Pemko Tanjungpinang melalui Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Tanjungpinang.

Dijadwalkan pelatihan dilaksanakan enam hari, mulai Senin-Sabtu (23-28/9) mendatang. Tiga Cabor tersebut sepakbola, sepak takraw dan renang.

Pelatihan di buka Staf Ahli bidang Ekonomi Pembangunan Sekdako Tanjungpinang, Marzul Hendri dan dihadiri Kadispora Provinsi Kepri, Maifrizon serta para intruktur dari luar daerah maupun lokal di Hotel Sempurna Jaya, Senin (23/9) malam.

Hadir juga perwakilan Pengkot dari tiga cabor serta Ketua KONI Tanjungpinang, Adnan, Sekretaris Umum Asprop PSSI, Raja Mansur Rajak dan Ketua Pengcab PSSI Kota Tanjungpinang, Bobby Wira.

Kadispora Tanjungpinang, Djasman menuturkan, melalui pelatihan ini, upaya mengembangkan kompetensi dan pemahaman yang sama bagi para wasit.

Menururtnya, kesamaan pahaman itu penting upaya meminimalisir perselisihan di saat pertandingan yang dilaksanakan.

“Kami berharap melalui pelatihan ini, para wasit khususnya di tiga cabor tersebut memiliki persepsi yang sama. Dengan demikian, gejolak atau persilihan di lapangan tidak ada,” ujarnya kepada Tanjungpinang Pos usai acara pembukaan.

Ia menuturkan, kesuksesan dunia olahraga terdiri dari berbagai indikator. Bukan hanya sarana dan prasarana namun juga SDM. Mulai dari pelatih, wasit serta atlet yang tangguh dan berkualitas.

Bahkan ia mendorong para wasit tersebut bisa terus berkarya. Bukan hanya ditingkat kota, provinsi namun juga nasional.

Disebutkannya, hal itu bukan tak mungkin. Bahkan ada dua wasit masing-masing dari cabor bola voly dan sepakbola sudah pernah berkarir di tingkat nasioal.

“Ini kebangaan bersama dan tentunya perlu digalakkan,” ucapnya.

Ketua Pelaksana kegiatan, Firsandy didampingi Zamanis menuturkan, para peserta terdiri dari perwakilan guru olahraga maupun dari masing-masing Pengkot setiap cabor.

Dituturkannya, peserta yang paling muda merupakan lulusan SMA sederajat. Serta yang senior sesuai dengan ketentuan masing-masing.

Terkait para instruktur dari luar daerah di datangkan dari tiga daerah. Untuk Cabor renang dari Bandung serta sepak bola dan sepak takraw dari Pekanbaru dan Medan, Sumatera Utara. (dlp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here