WNA Bisa Melapor Secara Online

0
570

TANJUNGPINANG – Imigrasi Kelas I Tanjungpinang mempermudah bagi orang asing yang akan menginap atau tinggal di di wilayah Bintan, Kijang dan Tanjungpinang. dengan menerapkan Aplikasi Pelaporan Orang asing (APOA) para tamu akan bisa langsung mendaftar.

Kepala Seksi (Kasi) Pengawasan dan Penindakan (Wasdak) Imigrasi Kelas I Tanjungpinang mengatakan, APOA, aplikasi yang ada di dalam situs Imigrasi, sehingga dapat membuat hal itu menjadi lebih mudah. Aplikasi ini bersifat secara online.

”Aplikasi ini bisa lebih mudah diakses melalui www. imigrasi.go.id dan nantinya didalam aplikasi itu ada format pelaporan orang asing,” katanya, Kamis (27/4).

Selain itu, aplikasi ini diperuntukkan bagi pemilik hotel, penginapan, resto, pengusaha yang memperkerjakan dan kedatangan orang asing. Jadi dengan adanya aplikasi ini maka pihaknya dapat melakukan pengawasan pergerakan dan keberadaan orang asing di dalam negeri.

”APOA dibuat untuk melakukan pengawasan, pergerakan dan keberadaan orang asing,” sebutnya.

Berdasarkan pasal 72 Undang-Undang No 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian yaitu bahwa pejabat yang bertugas dapat meminta keterangan dari orang yang memberikan penginapan untuk warga Negara Asing (WNA) dari yang bersangkutan dan pemilik atau pengurus tempat penginap wajib menujukan data WNA kepada pihak petugas Imigrasi.

Kepada pemilik penginapan untuk dapat melaporkan ke aplikasi ini, karena apabila tidak melaporkan maka dapat dikenakan pasal 117 Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian. Kepada masyarakat juga bisa membantu pihak Imigrasi melaporkan atau menyampaikan, jika di sekitar tempat mereka tinggal ada orang asing.

”Dengan aplikasi tersebut, memudahkan pelaporan orang asing yang masuk di daerah kita dan kita juga tahu dengan cepat keluar masuknya orang asing,” jelasnya.

Menurutnya, untuk pemilik hotel dan penginapan, jika tidak melaporkan bisa dipidana penjara paling lama 3 bulan penjara dan kurungan pidana denda paling banyak Rp 25 juta.
Sementara itu, pihaknya telah melakukan sosialisasi APOA ini ke tempat-tempat yang ada di Kawasan Kantor Imigrasi Kelas I Tanjungpinang seperti di Bintan dan rencananya dalam waktu dekat ini akan mengadakan sosialisasi di Kijang dan Tanjungpinang.

”Kita sudah lakukan sosialisasi di 13 Resort di Trikora Kabupaten Bintan dan selanjutnya di Kijang dan Tanjungpinang,” ujarnya. (cr27)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here