Wujudkan Soft Skill Mahasiswa di Era MEA

0
810
SEMINAR: Stisipol Raja Haji menggelar seminar kebangsaan dengan menghadirkan Mantan Bupati Bintan Ansar Ahmad. f-ist/STISIPOL RH

Tanjungpinang – MANTAN Bupati Bintan H Ansar Ahmad SE mengisi materi seminar kebangsaan di Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Stisipol) Raja Haji Tanjungpinang.

Seminar dengan tema ”Mewujudkan Soft Skill Mahasiswa di Era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)” berlangsung, Senin (6/3) di Aula Stisipol Raja Haji.

”Kemajuan suatu bangsa juga ditentukan kualitas sumber daya manusianya,” ujar H Ansar Ahmad.

Ia mengatakan, semakin baik kualitas sumber daya manusia suatu bangsa, maka semakin memiliki Competitive Advantage dengan negara lain terutama di era globalisasi.

Hal itu menurutnya, konsekuensi bagi lembaga pendidikan terutama perguruan tinggi/universitas untuk menghasilkan lulusan yang berkompetensi (berkualitas).

Di mana, penguasaan berbagai teknologi baru dan keterampilan termasuk Soft Skill semakin dituntut.

Apabila dicermati maka rasio kebutuhan Soft Skill dan Hard Skill di dunia kerja, 80 persen ditentukan oleh soft skill yang dimilikinya dan 20 persen oleh Hard Skill.

”Soft Skill harus diterus dibangun untuk peningkatan daya saing lulusan sebagai salah satu output dari pendidikan tinggi, yang telah ditempatkan sebagai prioritas program utama di setiap perguruan tinggi,” jelasnya.

Pada kesempatan itu, seminar kebangsaan dihadiri pu luhan mahasiswa Stisipol Raja Haji dari berbagai Program Studi (Prodi) yang ada.

Seorang mahasiswa Ilmu Pemerintahan yang mengaku bernama Fery menuturkan, apa yang disampaikan oleh mantan Bupati Bintan Ansar Ahmad tersebut penting dijadikan motivasi mahasiswa.

”Karena Provinsi Kepulauan Riau posisinya terdepan dengan negara asing, dan kita harus menunjukkan kemampuan bahwa kita layak bersaing dengan mereka yang lebih dulu maju,” ucapnya.

Dengan adanya semnar, menurutnya akan menambah wawasan mahasiswa dalam perkuliahan dengan menghadirkan pemateri yang berpengalaman.

Pada kesempatan itu, hadir juga ketua Stisipol Raja Haji Endri Sanopaka, serta ketua Bintan Tourism Institute (BTI) Haryadi yang juga menjadi pemateri tentang sertifikasi keahlian pada era MEA.

”Kita memiliki potensi yang besar diberbagai bidang dan dapat bersaing dengan negara-negara di kawasan ASEAN,” ujarnya.

Namun, pentingnya SDM andal dan bersitifikasi untuk bersaingan pada era MEA yang telah dikumandangkan sejak 2015 lalu.(Adly Bara)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here