Yan Fitri, Asman Abnur Mencuat di Pilgub Kepri

0
895
Yan Fitri Halimansyah bersama Gubernur Kepri Nurdin Basirun disela-sela acara HUT Provinsi Kepri, dipelataran Gedung Daerah.f-humas Kepri

TANJUNGPINANG – Pemilihan Gubernur (Pilgub) di Kepri akan dilaksanakan 2020 mendatang, meskipun masih setahun lagi namun sudah menjadi perbincangan di tengah masyarakat.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepri, Sriwati menyampaikan, setelah pemilu 17 April ini, pihaknya kembali bersiap-siap melakukan pembahasan anggaran pemilu serentak Pilgub, serta lima kepala daerah lainnya.

“Kemungkinan langsung kerja, kami menunggu dari KPU RI. Meski demikian, kami sudah bersurat ke KPU kabupaten-kota untuk koordinasi dengan pemerintah daerah,” ujar Sriwati, Jumat kemarin.

Komisioner Devisi Teknis KPU Kepri, Priyo Handoko menuturkan, bahwa Pilkada 2020 paling lambat dilaksanakan bulan September. “Info sementara September, tetapi belum final,” sebut Priyo.

Priyo menyampaikan, tahapannya sudah dimulai pertengahan tahun 2019 ini. “Tidak ada jeda, siap Pemilu lanjut Pilkada,” paparnya.

Baca Juga :  Merasa Dizolimi, Guru Demo

Pengamat politik Kepri, Endri Sanopaka menuturkan, ada beberapa tokoh-tokoh di Kepri yang berpotensi maju di Pilgub 2020 mendatang.

Dituturkannya seperti Walikota Batam HM Rudi. Selain itu, Wakapolda Kepri, Yan Fitri Halimansyah, Mantan MenpanRB, Asman Abnur.

Muncul juga nama Isdianto yang kini menjabat Wagub Kepri bersaing dengan Gubernur Kepri, Nurdin Basirun. Masuk juga nama Ketua DPD Partai Golkar

Ansar Ahmad, Walikota Tanjungpinang H Syahrul serta Bupati Bintan Apri Sujadi.

Dari nama tokoh-tokoh yang disampaikan, Endri menilai, semua punya peluang dan masa tersendiri.

“Semua punya popularitas serta elektabilitas mereka pun cukup baik. Tugas berat mereka memastikan dukungan partai politik yang mengusung maupun mendukung,” paparnya.

Baca Juga :  Hilal Hari Raya Idul Adha Mulai Diamati

Ia menilai, hasil Pemilu 17 April mendatang menjadi tolok ukur kadidat memilih Parpol. Meski demikian, beberapa sudah mulai mendekati partai politik.

“Ketua-ketua Parpol masih berpeluang menjadi kandidat di Pilgub nanti namun perlu melihat perolehan kursi di DPRD,” jelas Endri

Bahkan, Endri membeberkan, kemunculan, sosok nama Wakapolda Kepri Yan Fitri yang saat ini tidak sebagai pimpinan parpol perlu melalukan pendekatan yang intensif dengan pengurus parpol. Begitu pun dengan Isdianto yang sudah menjadi pengurus PDIP Kepri, bisa saja mereka nanti berduet sebagai pasangan Cagub dan Cawagub.

Tak hanya sosok Yan Fitri, Endri pun melihat peluang besar merebut kursi Pilgub ada pada, mantan Menteri MenpanRB Asman Abnur, sejak lama sering dimunculkan sebagai kandidat.

Baca Juga :  Bantu Nelayan Manfaatkan SDA Laut

Hanya saja belum menampakkan diri ikut pencalonan. “Pak Asman mungkin masih perlu kerja keras untuk memperoleh kursi, meskipun merupakan parpol lama,” sebutnya.

Disinggung sosok Walikota Batam Rudi, yang juga digadang-gadangkan bakal mengikuti Pilgub mendatang, pejabat yang juga sekretaris Partai NasDem itu, tentu akan dibenturkan dengan etika politik di dalam partai. Selain itu, pertimbangan lainya, posisinya HM Rudi saat ini sangat strategis dengan anggaran yang dikelola cukup besar.

“Batam sangat strategis, maka kemungkinan beliau tetap mempertahankan posisinya,” beber Rudi. (ais)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here