YKI Kepri Latih 135 Pendamping Kanker

0
434
KETUA YKI Provinsi Kepri Noor Lizah Nurdin menyerahkan cinderamata kepada narasumber usai membuka pelatihan pendamping penderita kanker di Aula Kantor Gubernur Dompak, Minggu (10/2).f-istimewa/humas pemprov kepri

Hadirkan Ria Irawan

DOMPAK – Yayasan Kanker Indonesia (YKI ) Kepri melatih sebanyak 135 orang untuk pendamping penderita kanker, baik stadium awal maupun stadium lanjut.

Para pendampingi tersebut bertugas memberikan harapan dan menyemangati hidup penderita kanker sehingga mau berobat secara medis dengan ahlinya.

Hal itu disampaikan Ketua Yayasan Kanker (YKI) Kepri Noor Lizah Nurdin dalam memperingati Hari Kanker Sedunia yang jatuh setiap tanggal 4 Februari. Tema yang diangkat kali ini adalah ‘I Am and I Will’ di Aula Kantor Gubernur Dompak, Minggu (10/2).

”Saya tahu ini pekerjaan berat. Tapi harapan kami bapak ibu para pendamping mempunyai semangat tinggi dalam melaksanakan pendampingan,” harap Noor Lizah Nurdin.

Baca Juga :  Duh.. Murid TK Dua Kali Dicabuli di Bintan, Pelakunya Tak Ketahuan

Menurut Noor Lizah, tema tersebut bermakna untuk mengajak semua pihak mengambil peran masing-masing untuk mengurangi beban akibat penyakit kanker.

Acara yang ditaja dengan istilah Achievement Motivation Training bagi Kelompok Dukungan Survivor Tahun 2019 menghadirkan artis Ria Irawan. Dengan tujuan dapat meningkatkan motivasi bagi penderita kanker (survivor) di wilayah Kepri.

Di Kepri sendiri, lanjut Noor Lizah, hasil data terakhir dari screning IVA dan Sadanis tahun 2017 pada 10.641 wanit usia 30 – 50 tahun ditemukan IVA Positif (Lesi Prakanker) sebanyak 74 orang dan tumor payudara sebanyak 67 orang.

Baca Juga :  Hari Ini, Menteri Bimbing Kades se-Kepri

Sedang tahun 2018 berjumlah 6322 orang dengan penderit IVA Positif 55 orang dan tumor payudara 47 orang.

Data rekapan tahun 2017 dari beberapa Rumah Sakit di Kepri ditemukan kasus kunjungan kanker di poli Onkologi sebanyak 3.787 orang.

Sedangkan untuk tahun 2018 angka kunjungan poli ankologi 2052 dan yang melakukan operasi kanker sebanyak 167 orang.

Kasus penyakit kanker terbanyak yang dialami adalah kanker servix dan kanker payudara pada perempuan dan kanker paru pada laki-laki.

Sejauh ini YKI melakukan pencegahan dengan deteksi dini kanker disertai pola hidup bersih dan sehat.

Baca Juga :  Anggota DPRD Natuna Kunjungi Kantor BPKP

WHO memprediksi Kanker akan menjadi penyebab kematian nomor satu di dunia pada akhir abad ini setelah meneliti 185 negara dengan melihat lebih dari 36 penyakit kanker. (mas/ais)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here